Info Pemesanan

  • (0274) 373263
  • 0817 270 787
  • suaraaisyiyah@aisyiyah.or.id

Majalah Suara 'Aisyiyah Edisi 5, Mei 2020

Pembaca, sejak edisi Maret 2020 kami telah membahas mengenai Covid-19, tetapi baru pada rubrik kesehatan. Selanjutnya, pada edisi April 2020, lebih dari separuh majalah ini berisi pembahasan mengenai Covid-19. Ini karena Covid-19 menyebar sangat massif di seluruh Indonesia dan menyentuh masalah lain di luar masalah kesehatan. Nah, sebagai gerakan perempuan yang resposif terhadap problem masyarakat, edisi Mei 2020 ini pun kami masih menekankan pada masalah Covid-19.

Kami menganggap masalah Covid-19 merupakan masalah yang sangat serius dan kejadian yang luar biasa. Pada saat tulisan untuk edisi April 2020 ini disiapkan, grafik orang yang terpapar Covid-19 semakin meningkat tajam. Jumlahnya, dari angka satuan, puluhan, ratusan, dan cepat sekali menjadi angka ribuan. Permasalahan yang mengiringinya pun menjadi jauh lebih kompleks, pada bidang sosial, ekonomi, politik, keagamaan, dan lain-lain.
Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah, Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah memiliki ciri tersendiri dalam menghadapi bencana, baik bencana alam maupun non-alam. Ciri itu ialah spirit ta’awun sebagai usaha untuk menolong sesama dan mencapai derajat ketakwaan kepada Allah swt. Oleh karena itu, pada edisi April ini, kami mengetengahkan topik “Ta’awun dalam Mengatasi Musibah Covid-19”.

Pembahasan ta’awun secara teologis dan ideologis kami sampaikan dalam rubrik Tajuk, Hikmah, dan Kalam, termasuk kaitannya dengan bulan ibadah kita. Sementara itu, pembahasan mengenai ta’awun di ranah praksis kami sampaikan dalam rubrik Liputan Utama, Qaryah Thayyibah, Inspirasi, dan Aksara. Hal-hal keseharian masyarakat seperti pembelajaran online atau dalam jaringan (daring), penggunaan media sosial selama stay at home, dan cara membuat masker, hand sanitizer, disinfektan, serta hal detil lainnya kami sampaikan dalam rubrik Idea, Harmoni, Kesehatan, dan Edukasiana.

Tentu saja ada uraian di luar tema Covid-19 yang perlu Anda baca, seperti rubrik Keluarga Sakinah untuk memperkuat arah hidup kita; rubrik Konsultasi Kak ‘Aisy tentang pengunduran Muktamar; rubrik Singgung-Sungging yang mengulik masalah aktual; rubrik Aksara untuk membangun jiwa; serta rubrik Dinamika Organisasi yang memotret peristiwa terkini dari pelosok negeri.

Mari, jadikan Majalah Suara ‘Aisyiyah sebagai bacaan wajib warga ‘Aisyiyah!

Selamat membaca. Salam hangat

Redaksi