Majalah Suara 'AIsyiyah

Info Pemesanan

  • (0274) 373263
  • 0817 270 787
  • suaraaisyiyah@aisyiyah.or.id

Majalah Suara 'Aisyiyah Edisi 5, Mei 2021

Pembaca setia Suara ‘Aisyiyah, baik di dalam maupun di luar negeri, mungkin kita pernah mendengar ungkapan homo homini socius yang berarti ‘manusia adalah teman bagi sesamanya’. Ungkapan yang menegaskan kedudukan manusia sebagai makhluk sosial itu konon dikemukakan oleh filsuf Romawi, Lucius Annaeus Seneca (4 SM-65 M). Ungkapan ini merespons ungkapan yang terdapat dalam karya sastrawan Romawi, Titus Maccius Plautus (254-184 SM), yaitu homo homini lupus yang artinya ‘manusia adalah serigala untuk sesamanya’.

Pandangan Islam tentu selaras dengan homo homini socius di atas. Berbagai ayat Alquran mengajarkan betapa penting-nya berbagi, bahkan secara detail Alquran menyebutkan kepada siapa sajakah seorang muslim mesti berbagi. Makna Alquran surat al-Maun tentu sudah sangat diakrabi oleh warga Muhammadiyah-‘Aisyiyah, namun ada baiknya jika surat lainnya yang terkait dengan hal itu juga terus dipelajari dan diamalkan, misalnya surat al-Baqarah ayat 215. Ayat tersebut kental dengan muatan filantropi.

Filantropi berasal dari kata Yunani, yaitu philos yang artinya ‘cinta” dan anthrophos yang artinya ‘manusia’. Prinsip filantropi ialah cinta sesama manusia itu harus mewujud dalam solidaritas. Sebagaimana yang kita ketahui, praktik filantropi ini telah ada sebelum kedatangan  Islam seiring dengan berkembangnya wacana keadilan sosial. Filan-tropi dalam Islam dikenal dengan istilah  al-‘ata’ al-ijtima’i (pemberian sosial), al-takaful al-insani (solidaritas kemanusiaan), ‘ata’ khayri (pemberian untuk kebaikan), sadaqah (sedekah), dan konsep lainnya.

Untuk menggali berbagai persoalan filantropi, pada edisi Mei 2021 ini kami mengambil tema “Filantropi Berkeadilan Sosial”.  Landasan teologi dalam mengembangkan gerakan praksis sosial ini kami sampaikan dalam rubrik Tajuk Rencana dan Hikmah. Analisis kritis terhadap berbagai persoalan filantropi di Indonesia kami sampaikan dalam rubrik Liputan Utama, Idea, Inspirasi, Cakrawala, dan Aksara.

Tentu saja kami juga menyampaikan beberapa rubrik lepas tema yang Anda tunggu-tunggu, yaitu rubrik Keluarga Sakinah, Konsultasi Kak ‘Aisy, dan Qaryah Thayyibah. Kami juga mengulas masalah Idul Fitri dalam rubrik Kalam dan Harmoni. Milad ‘Aisyiyah kami sampaikan dalam rubrik Idea. Sementara itu, pada rubrik Kesehatan kami membahas mengenai mutasi Covid-19 dan pada rubrik Edukasiana kami mengulas pendidikan disabilitas. Ada pula rubrik Singgung-Sungging dan Dinamika Organisasi yang memotret realitas terkini.

Selamat membaca. Taqabbalallahu minna wa minkum. Mohon maaf lahir dan batin.

           Redaksi