Berita

Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah Adakan Pelatihan Jurnalis Cilik

Pelatihan Jurnalistik Cilik Muhammadiyah

Jakarta, Suara ‘AisyiyahMajelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PP Muhammadiyah bekerja sama dengan PT. Citra Media Nusa Purnama (Media Indonesia) melaksanakan program Pelatihan Jurnalistik untuk reporter cilik dan muda Muhammadiyah. Pelatihan ini diselenggarakan pada Rabu-Kamis (10-11/8) secara daring.

Pelatihan jurnalistik ini dibagi menjadi dua kelas, yakni kelas reporter cilik yang terdiri dari siswa SD/MI/SMP/MTs Muhammadiyah dan kelas reporter muda yang teriri dari siswa SMA/SMK/MA Muhammadiyah. Kegiatan ini dipandu langsung oleh jurnalis profesional dari Media Indonesia.

Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah, Sungkowo Mudjiamano mengapresiasi program ini. Ia juga berharap bahwa dengan diadakannya pelatihan ini akan lahir generasi hebat di bidang jurnalistik. Sungkowo menjelaskan, pelatihan reporter cilik dan reporter muda ini merupakan turunan tindak lanjut dari MoU antara PP Muhammadiyah dengan Media Indonesia.

Baca Juga: Siti Hayinah: Tokoh Pers Perempuan Indonesia

Ada 79 peserta reporter cilik dan 71 reporter muda. “Harapannya setelah pelatihan ini akan lahir kader jurnalis Muhammadiyah di masa yang akan datang dan penulis hebat lahir dari sekolah Muhammadiyah yang kreatif,” terang Sungkowo.

Terpisah, salah seorang peserta pelatihan reporter cilik, Pariza Qabila Baiza Purnama menyampaikan rasa syukur karena mendapat kesempatan belajar menjadi reporter. “Dapat banyak pengetahuan tentang jurnalistik, seperti prinsip penulisan jurnalistik, teknik wawancara, berhadapan dengan narasumber, visual story telling dengan smartphonem” ujar Qia, sapaan akrabnya.

Qia mengaku sedikit grogi saat melakukan latihan di hari pertama. Ia mengatakan, banyak berlatih menulis dan berdoa membuatnya lebih tenang saat melakukan kegiatan via Zoom meeting. Menurutnya, pengalaman pertama mengikuti pelatihan repoter cilik secara online sangat berharga dan tak terlupakan. (H.A/sb)

Related posts
Berita

SMP UMP Adakan Pelatihan Jurnalistik, Tingkatkan Kecakapan Guru dalam Publikasi Sekolah

Purwokerto, Suara ‘Aisyiyah – Publikasi sekolah merupakan sebuah keharusan bagi setiap lembaga pendidikan, karena dengan cara ini informasi visi, misi, program unggulan,…
Berita

Sebelum Ikuti Pelatihan di Singapura, Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah Berikan Pembekalan kepada Kepala Sekolah

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PP Muhammadiyah menggelar pembekalan bagi kepala-kepala sekolah Muhammadiyah yang akan menempuh pelatihan…
Berita

Majelis Dikdasmen Berangkatkan Kepala Sekolah Muhammadiyah ke Singapura

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PP Muhammadiyah bekerja sama dengan Temasek Foundation memberangkatkan lima belas kepala sekolah…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *