Berita

Majelis Dikdasmen PWA Jawa Tengah Selenggarakan ToF Pandu HW PAUD

Magelang, Suara ‘AisyiyahMajelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah (Jateng) bekerja sama dengan Kwartir Wilayah (Kwarwil) Hisbul Watahan (HW) Jawa Tengah menggelar Training of Fasilitator (ToF) Pandu HW Pendidikan Usia Dini (PAUD). Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, Sabtu hingga Ahad (26-27/2) bertempat di SMK Muhammadiyah 2 Borobudur.

Kegiatan ToF Pandu HW PAUD ini dibuka pada Sabtu (26/2) oleh Ketua Kwarwil HW Jateng Sukasno, dan dihadiri oleh Ketua Majelis Dikdasmen PWA Jateng Nuraeni. Hadir juga Ketua koordinator HW Kedu Abu Ubaidah, Ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kabupaten Magelang Nida’ul Hasanah, yang juga Kepala SMK Muhammadiyah 2 Borobudur dan Ketua Panitia Lokal Surahmat.

“Program kerja sama ini kami laksanakan untuk seluruh Jawa Tengah. Jadi kami memberikan pembekalan ini untuk seluruh guru di Jateng yang jumlahnya ada sekitar delapan ribu. Tidak mungkin dilaksanakan dalam satu kesempatan. Maka ini merupakan  satu program perwakilan dari daerah daerah yang nantinya akan mengimbaskan kepada teman guru lainnya. Untuk eks-Karesiden Kedu kami adakan di Magelang,” kata Nuraeni.

Menurut Nuraeni, kerja sama ini merupakan suatu hal yang perlu dibangun untuk mempersiapkan anak memiliki karakter yang baik. Oleh karena kegiatan ini tidak bisa dilaksanakan sendiri oleh Majelis Dikdasmen, maka perlu dijalin kerja sama dengan lembaga atau ortom lain, dalam hal ini Kwarwil HW Jateng yang punya kesamaan misi, yaitu dakwah.

Baca Juga: Perbedaan Pola Asuh dalam Keluarga

Dengan kerja sama ini diharapkan bisa mewujudkan agama Islam yang rahmatan lil ‘alamin dan dapat menyampaikan kepada anak dengan lebih cepat. “Mereka mengenal Allah dan rasulnya melalui berbagai kegiatan yang disampaikan melalui kegiatan bermain itu. Jadi tidak hanya disampaikan dengan lisan saja. Jadi dengan kegiatan bermain itu guru-guru mampu menyampaikan, ada trik-trik bagaimana memberikan penguatan kepada anak terkait membangun karakter anak tersebut tentang kejujuran, tanggung jawab, keikhlasan sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang HW. Itulah karakter yang perlu dimiliki oleh guru, sehingga ke depannya bisa mempersiapkan generasi emas itu. Jadi guru harus banyak ilmu, harus banyak belajar, harus banyak kerja sama,” terang Nuraeni.

“Kamipun akan terus mensosialisakan sehingga menjadi satu formula yang tepat untuk memberikan penguatan kepada anak didik terkait dengan karakter akhlak karimah. Dan serentak mulai tanggal 26-27 Februari ini, dilaksanakan se-Jateng bersama-sama melalui eks-Karesidenan. Jadi dibagi per eks-Karesidenan, waktunya bersamaan, jadwalnya bersamaan, dan alhamdulillah dari awal pembukaan sampai penutupan semuanya bisa tepat waktu sesuai yang direncanakan,”imbuhnya.

Sementara itu, Ismokoweni yang merupakan salah satu trainer ToF dari Kwarwil Jateng menyampaikan supaya materi yang diterima bisa diimplementasikan. Menurutnya, pembentukan karakter anak bangsa yang Islami harus benar-benar diwujudkan.

“Kami sebagai pelatih berharap sekali materi-materi tersebut bisa sampai kepada anak-anak PAUD. Dalam hal ini, mungkin materi yang disampaikan tidak tepat untuk anak-anak PAUD, tetapi tepat untuk bundanya, yaitu gurunya. Itu memang kami berikan dengan berbagai macam cara, salah satunya kepada gurunya itu sendiri, disampaikan juga materi-materi kepada anak-anak didiknya. Jadi ilmu, amal, dan nasionalisme itu harus kita berikan pada anak-anak pada usia dini atau sering disebut golden age,” terangnya.

Kegiatan ditutup oleh Ketua PWA Jateng Nuraeni, dengan upacara penutupan dengan pelepasan tanda anggota peserta secara simbolis oleh Ketua Kwarwil HW Jateng Sukasno dan Ketua Majelis Dikdasmen PWA Jateng Nuraeni. (Tar/sb)

Related posts
Berita

Peringati Hari Bumi, LLHPB PWA Jawa Tengah Instruksikan Anggota Menanam Pohon

Surakarta, Suara ‘Aisyiyah – Dalam rangka Hari Kartini, Hari Bumi, dan Hari Kesiapsiagaan Bencana, Divisi Lingkungan Hidup (LH) Lembaga Lingkungan Hidup dan…
Berita

Ikhtiar Bangkitkan Ekonomi Umat, PWA Jawa Tengah Adakan Pelatihan Evermos

Kudus, Suara ‘Aisyiyah – Majelis Ekonomi dan Ketenagekerjaan (MEK) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah pada Jumat (15/4) menyelenggarakan pelatihan Evermos yang…
Berita

MEK dan MKS PDA Se-Jawa Tengah Gelar Koordinasi Pengadaan SWA Panti

Kudus, Suara ‘Aisyiyah – Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan (MEK) dan Majelis Kesejahteraan Sosial (MKS) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah mengadakan Koordinasi…

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.