Berita

Majelis Dikdasmen PWA Papua Lakukan Kunjungan ke TK ABA di Kota Jayapura

Jayapura, Suara ‘AisyiyahMajelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Papua melakukan kunjungan ke TK ABA Kukup Koya Koso Distrik Abepura Kota Jayapura dalam rangkaian kegiatan Milad ke-105 M ‘Aisyiyah dan syiar ke-48 Muktamar ‘Aisyiyah. Tujuan kunjungan ini untuk memastikan pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi, di antaranya adalah (a) mengetahui kesiapan lembaga PAUD menyelenggarakan Belajar Dari Rumah/BDR; (b) mengetahui adaptasi pembelajaran (perencanaan, pelaksanaan & evaluasi ) yang dilakukan kepala sekolah dan guru, dan; (c) mengetahui dukungan dan hambatan yang dihadapi oleh Dinas Pendidikan, lembaga & orang tua peserta didik.

Kunjungan ini bertepatan dengan bulan pemberian vitamin A bagi balita yang diberikan bagi murid TK ABA Kukup Koya Koso bekerja sama dengan Puskesmas Abepantai Distrik Abepura yang dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2022.

Pemerintah dalam menyikapi masalah tentang kekurangan vitamin A telah melaksanakan program melalui suplementasi Vitamin A dosis tinggi kepada anak balita. Suplementasi Vitamin A adalah program intervensi pemberian kapsul Vitamin A bagi anak usia 6-59 bulan dan ibu nifas yang bertujuan selain untuk mencegah kebutaan juga untuk menanggulangi Kekurangan Vitamin A (KVA) yang masih cukup tinggi pada balita.

Suster Sila dari Puskesmas Abepantai menyampaikan bahwa setiap bulan Februari dan Agustus, ada pemberian vitamin A gratis bagi balita. Sementara itu, Kepala TK ABA Kukup Koya Koso Euis Siti Romlah menyampaikan bahwa PAUD ‘Aisyiyah Kukup melaksanakan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI). Salah satu kegiatannya adalah layanan kesehatan dan gizi, pemberian vitamin A yang dilaksanakan setiap 6 bulan, yaitu bulan Februari dan Agustus.

Baca Juga: Dakwah Kesehatan dalam Kongres Bayi Aisyiyah

Kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama dengan pihak Pukesmas Abepantai. Adapun kegiatannya meliputi: pemberian Vitamin A, Pemberian Makanan Tambahan (PMT), penimbangan Berat Badan/BB, pengukuran Tinggi Badan/TB dan Lingkar Kepala/LK. Selanjutnya akan dianalisis oleh Bidan, untuk mengetahui pertumbuhan anak apakah sudah sesuai antara TB, BB DAN LK terhadap umur anak.

Selain itu juga dilakukan pemeriksaan kesehatan gigi, mulut, dan telinga. Pola Hidup Bersih dan Sehat/PHBS juga diterapkan. Euis juga menyampaikan bahwa kerja sama dengan berbagai pihak sangat membantu lembaga yang dikelolanya, di antaranya adalah untuk mencegah terjadinya gizi buruk pada anak yang akan menyebabkan terjadinya stunting.

Ketua PWA Papua Wahyu Widayati mengimbau para orang tua untuk mengawasi pola hidup anak, di antaranya adalah Pola Hidup Bersih dan Sehat dan meminta pihak sekolah untuk melakukan aktivitas di luar ruang kelas pada pagi hari agar anak-anak di usia muda tidak mengalami keropos tulang. Ia juga berpesan agar para guru memperhatikan kecerdasan emosional selain kecerdasan Intelligence Quotient/IQ. Selanjutnya, Wahyu Widayati secara simbolis menyuapkan vitamin A kepada beberapa anak. (Purwi Lestari/sb)

Related posts
Berita

Lazismu Berbah Bagikan 1000 Parcel kepada Guru TK ABA dan PAUD Aisyiyah

Sleman, Suara ‘Aisyiyah – Dalam rangka meneguhkan peran perempuan dalam dakwah untuk kemajuan bangsa, Lazismu Berbah bekerja sama dengan Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah…
Berita

PCA Sewon Utara Resmikan Gedung Baru TK ABA Pandean

Bantul, Suara ‘Aisyiyah – TK ‘Aisyiyah Busthanul Athfal (ABA) Pandean, Bangunharjo, Sewon, Bantul, meresmikan Gedung Baru. Peresmian dengan pengguntingan pita dilakukan oleh…
Berita

PDA Musi Rawas Lakukan Kunjungan Kerja ke PCA Muara Kelingi

Musi Rawas, Suara ‘Aisyiyah – Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Musi Rawas melakukan kunjungan ke salah satu TK Aisyiyah di Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah…

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.