Majelis Tabligh PWA Jateng Adakan Pelatihan Tilawah Al-Quran

Berita 11 Okt 2021 0 71x

Jawa Tengah, Suara ‘Aisyiyah – Tilawah al-Quran merupakan bentuk interaksi muslim dengan al-Quran. Dalam sebuah hadits diwayat Bukhari dan Muslim, orang yang rutin membaca al-Quran diibaratkan seperti buah limau, baunya wangi dan rasanya enak. Sebaliknya, orang munafik yang tidak membaca al-Quran laksana buah labu yang tidak berbau, ditambah rasanya pahit.

Pentingnya tilawah al-Quran mendorong Divisi Penguatan Pengajian dan Media (DPPM) bersinergi dengan Divisi Pembinaan Mubalighat (DPM) Majelis Tabligh ‘Aisyiyah Jawa Tengah mengadakan Pelatihan Tilawah Quran. Pelatihan ini diadakan pada Ahad (26/9) dan dihadiri oleh 211 peserta dari semua divisi di MT PWA, PDA, dan PDNA secara daring.

Baca Juga: Merawat Kebersamaan dalam Keluarga dengan Literasi Al-Quran

Acara ini diharapkan: a) dapat memotivasi pembentukan karakter Qurani; b) menumbuhkan benih-benih generasi berbakat dalam seni membaca al-Quran sebagai syiar Islam maupun ikut menyemarakkan MTQ; c) meningkatkan interaksi dengan al-Quran, dan; d) sebagai sarana dakwah.

Siti Mutmainah yang bertindak selaku narasumber dalam pelatihan ini menyampaikan tentang tipe lagu al-Quran, tujuh maqam lagu, dan tingkatan suara.

Pelatihan ini terdiri dari 3 (tiga) sesi, yakni penyampaian materi, diskusi/tanya jawab, dan dilanjutkan dengan praktik. Dari sesi pertama sampai ketiga peserta sangat antusias mengikuti pelatihan, khususnya pada sesi diskusi dan praktik. Peserta dari PDA berharap ada follow up dari Pelatihan Tilawah ini. (Ida Nurlaeli/Nur Ngazizah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *