Kesehatan

Makanan Sehat Selama Ramadhan

makanan sehat

Oleh: Asti Nurhayati*

Menjalankan ibadah Ramadhan dengan tubuh yang sehat dan bugar terutama di masa pandemi Covid-19 tentu merupakan hal yang sangat penting . Menjaga tubuh sehat dan bugar dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Selama puasa, tubuh kita menahan lapar dan dahaga selama lebih dari 12 jam, sehingga tubuh sering merasa lemas dan lelah, apalagi jika kita tidak memperhatikan asupan makanan saat berbuka dan sahur. Misalnya, saat berbuka puasa jangan langsung mengkonsumsi banyak makanan terutama gorengan dan makanan berminyak lain. Sebaiknya, saat berbuka puasa dianjurkan mengkonsumsi minuman manis hangat dan makanan ringan yang mengandung cukup air untuk menganti cairan yang hilang selama berpuasa.

Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama puasa yaitu makanan yang banyak mengandung serat, misalnya buah-buahan dan sayuran, serta cukupi asupan protein seperti tahu, tempe, daging ayam, atau kacang-kacangan.

Lalu bagaimana saat sahur? Tentu saja saat sahur kita diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat untuk menambah energi agar tetap dapat beraktivitas dengan baik. Kita bisa mengkonsumsi nasi, umbi, kentang, jagung, mie, ataupun makanan lain yang mengandung karbohidrat. Selain itu, buah-buahan, sayur, dan protein juga harus tetap dikonsumsi agar asupan mineral dan vitamin untuk tubuh tetap dapat terpenuhi.

Berikut jenis-jenis makanan yang baik dikonsumsi selama Ramadhan: Pertama, karbohidrat. Makanan sehat yang baik dikonsumsi selama puasa Ramadhan yang pertama tentu saja yang mengandung karbohidrat. Mengkonsumsi makanan berkarbohidrat akan membantu tubuh mendapatkan asupan glukosa yang cukup sebagai sumber energi utama. Asupan glukosa akan disimpan sebagai cadangan makana sehingga badan tidak mudah lelah dan lemas.

Kedua, protein. Protein sendiri merupakan nutrisi yang sangat diperlukan tubuh untuk proses metabolisme. Nutrisi ini akan dicerna di dalam tubuh dan diubah menjadi asam amino lalu akan dialirkan ke seluruh bagian tubuh. Selain penting untuk membantu metabolisme tubuh, protein juga baik untuk memberikan energi tubuh selama berpuasa.

Konsumsi makanan berprotein tinggi dapat membantu perut merasa kenyang lebih lama. Selain itu, protein juga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mulai mengonsumsi makanan sehat berprotein tinggi seperti daging, termasuk daging unggas, ikan, produk susu, telur, hingga kacang-kacangan.

Baca Juga: Olahraga yang Cocok Saat Puasa

Ketiga, kurma. Makanan sehat yang tidak boleh dilupakan selama puasa Ramadhan adalah kurma. Kurma memang sudah dikenal sebagai buah bernutrisi tinggi yang menjadi sunah Rasul. Dikatakan, konsumsi buah kurma sangat bagus untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang setelah berpuasa seharian. Manfaat ini tidak lain didapatkan dari kandungan gula alami yang ada di dalam kurma.

Selain gula alami, kurma juga mengandung beberapa nutrisi lain yang baik untuk tubuh, seperti mineral kalium, tembaga, serta sumber serat. Tidak heran jika kurma dikatakan sebagai makanan sehat yang baik untuk sistem pencernaan. Selama berpuasa, disarankan untuk mengonsumsi kurma saat berbuka puasa di awal waktu. Sesuai anjuran Rasul, kurma sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah ganjil, bisa 3 hingga 7 butir.

Keempat, sayuran. Sayuran merupakan salah satu makanan sehat yang wajib dikonsumsi selama puasa Ramadhan. Berbagai jenis sayur-sayuran mempunyai serat larut yang sangat berguna untuk menjaga sistem kerja usus. Konsumsi sayur juga mampu memperlambat penguraian makanan menjadi glukosa dalam darah. Hal ini tentu saja dapat mengontrol kadar kolesterol darah yang dapat meningkat saat mengonsumsi hidangan buka puasa.

Kelima, buah-buahan. Selain sayur, konsumsi buah-buahan juga tidak boleh ketinggalan. Jenis makanan sehat yang satu ini sudah dikenal sebagai makanan dengan sumber vitamin dan mineral tinggi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Tidak heran jika konsumsi buah-buahan juga dapat membantu mencukupi cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

Mengkonsumsi buah dengan kadar air yang tinggi dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh selama berpuasa. Buah-buahan yang mengandung banyak air yaitu semangka dan melon. Jadi buah-buahan menjadi menu wajib saat sahur dan berbuka.

Itulah beberapa tips makanan yang sehat dan baik dikonsumsi selama bulan Ramadhan. Dengan menjaga makanan selama Ramadhan akan membantu tubuh tetap sehat dan aktif selama berpuasa.

*Dosen Universitas ‘Aisyiyah Surakarta 

Related posts
Berita

Jangan Mager, Berikut Tips Isoman Pasien Covid-19 Selama Ramadhan

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Melakukan latihan fisik yang rutin, memenuhi nutrisi dengan baik, melakukan istirahat yang cukup, dan menghindari stres adalah beberapa…
Gaya Hidup

Lima Kegiatan Positif Agar Ramadhan Produktif

Pada bulan Ramadhan, seluruh umat Islam berlomba-lomba untuk mencari pahala dari Allah swt. Segala bentuk ibadah dilakukan dari pagi hingga malam. Seringkali…
Berita

Selama Bulan Ramadhan, Lazismu DIY Buka Layanan Konsultasi Zakat 24 Jam

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah (Lazismu) Daerah Istimewa Yogyakarta membuka layanan konsultasi zakat 24 jam selama bulan Ramadhan 1443…

5 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.