Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Gaya Hidup Info Sehat 30 Nov 2021 0 87x

foto: freepik

Sebagai negara tropis, pohon kelapa dapat dengan mudah tumbuh di Indonesia, terutama di sekitar pesisir. Tanaman ini dapat dimanfaatkan hampir semua bagiannya dari atas sampai bawah sehingga banyak yang menganggapnya pohon serbaguna. Buahnya juga enak untuk dimakan. Daging buah kelapa muda cukup membuat kenyang, airnya juga segar jika diminum.

Selain dapat melepas dahaga, air kelapa ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari panganku.org, dalam segelas air kelapa atau 100 gram mengandung komposisi gizi energi 17 kalori, protein 0,2 gram, lemak 0,1 gram, karbohidrat 3,8 gram, kalsium 15 mg, fosfor 8 mg, besi 0,2 mg, natrium 1 mg, dan kalium 149 mg, dan vitamin C 1 mg.

Secara lebih spesifik, sebagaimana dikutip dari hellosehat.com, air kelapa pnya manfaat yang banyak, seperti: pertama, memperlambat penuaan. Mengkonsumsi air kelapa muda murni dapat membuat kulit lebih halus dan tampak lebih muda. Kandungan sitokinin yang ada pada air kelapa berkhasiat untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel. Sitokinin memiliki efek anti penuaan, anti karsinogenik, dan anti trombotik.

Kedua, mengatur tekanan darah dan kolesterol. Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah pada air kelapa dapat berguna untuk membantu menurunkan kadar gula darah pada pengidap hipertensi. Selain itu, air kelapa dipercaya dapat membantu mengontrol tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, sehingga dapat mengurangi terjadinya penumpukan lemak yang menjadi faktor penyebab penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: Ramuan Jamu Penjaga Imunitas Tubuh

Ketiga, mengisi cairan tubuh. Air kelapa bisa dibilang sebagai minuman isotonik alami yang khasiatnya mirip dengan minuman olahraga formulasi buatan. Kandungan elektrolit yang ada pada air kelapa dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga. Namun, untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang diharuskan untuk minum air kelapa dalam jumlah yang banyak.

Keempat, memberikan efek stamina pada tubuh. Selain sebagai Pelepas dahaga, air kelapa juga berguna untuk meningkatkan stamina pada tubuh berkat kandungan karbohidrat pada air kelapa yang berkhasiat sebagai penghasil energi, sehingga tubuh akan siap kemabali untuk beraktivitas.

Kelima, mencegah dehidrasi. Air kelapa berkhasiat juga untuk memenuhi cairan yang dibutuhkan tubuh, oleh sebab itu air kelapa juga sering dipakai untuk mengatasi dehidrasi ringan. Namun, Anda tetap disarankan untuk minum air putih sedikitnya 2 liter atau 8 gelas perharinya agar cairan terpenuhi dan terhindar dari dehidrasi.

Keenam, meningkatkan daya tahan tubuh. Di dalam air kelapa terdapat banyak kandungan antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari zat racun berbahaya sumber penyakit.

Ketujuh, cara mengkonsumsi air kelapa yang tepat. Dilansir dari alodokter.com, untuk memaksimalkan manfaat yang ada pada air kelapa disarankan untuk mengkonsumsi air kelapa murni langsung dari buahnya. Selain itu, tidak disarankan untuk menambahkan pemanis seperti gula atau sirup.

Jika mengkonsumsi air kelapa kemasan, perhatikan juga kandungan yang ada pada bungkusnya. Kebanyakan air kelapa kemasan sudah ditambahi zat perasa dan pemanis buatan, sehingga manfaat dari air kelapa itu akan hilang jika sudah tercampur dengan zat lain. Selain itu, apabila dikonsumsi secara berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan karena bukan air kelapa murni.

Untuk tetap menjaga kesegarannya, Anda dapat menyimpannya dalam pendingin atau kulkas. Namun, jika sudah terbuka maka dianjurkan untuk segera menghabiskannya paling tidak dalam kurun waktu 24 jam. (silvi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *