Gaya HidupKesehatan

Manfaat Infused Water untuk Kesehatan

infused water

infused waterAir merupakan salah satu kompenen penting dalam tubuh. Hampir 60% isi dari tubuh manusia terdiri dari air. Manusia membutuhkan air untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dan sebagai zat pelarut. Jika dalam tubuh manusia kekurangan air, maka akan menyebabkan dehidrasi dan terganggunya fungsi organ.

Baru-baru ini muncul tren baru minuman berasa yang sehat selain jus buah, yakni infused water. Dilansir dari hellosehat.com, infused water yaitu air putih yang diberi campuran potongan buah-buahan segar, sayuran, herbal, dan rempah. Tidak ada patokan khusus mengenai bahan-bahan yang harus dipakai. Pilihan bahan yang dipakai disesuaikan dengan selera masing-masing. Campuran potongan buah dan air mineral kemudian ditaruh di dalam botol dan didiamkan selama kurag lebih 12 jam, supaya kandungan zat pada buah keluar sepenuhnya.

Oktariani, dkk (2020) dalam “Edukasi Pemanfaatan Rempah sebagai Bahan Dasar Pembuatan Infused Water untuk Detoksifikasi Tubuh” menjelaskan, selain menggunakan buah-buahan untuk digunakan sebagai bahan infused water, banyak juga yang memakai rempah seperti jahe, kunyit, sereh, kayu manis, ketumbar, dan lain-lain. Bahan tersebut dinilai lebih mudah ditemui dan juga sering digunakan sebagai bumbu masakan.

Infused water mengandung banyak kandungan gizi dari bahan dasar yang digunakan. Lalu, apa saja manfaat dari mengkonsumsi minuman ini? Dilansir dari hellosehat.com, berikut manfaat infused water untuk kesehatan:

Pertama, menjaga berat badan. Ada beberapa bahan utama infused water, salah satunya adalah buah-buahan sitrus (lemon, jeruk, jeruk nipis, dan aneka jeruk lainnya). Buah-buahan sitrus berfungsi untuk menurunkan berat badan seseorang, meskipun efeknya tidak dapat dirasakan atau didapat secara langsung.

Kedua, mencegah penuaan dini. Kebanyakan bahan dasar yang digunakan untuk infused water adalah buah-buahan yang banyak mengandung antioksidan dan vitamin C, seperti jeruk, lemon, apel, kiwi. Kandungan tersebut bermanfaat untuk kesehatan kulit, khususnya dalam mencegah terjadinya penuaan dini.

Baca Juga: Ramuan Jamu Penjaga Imunitas Tubuh

Ketiga, membuang racun dalam tubuh. Infused water dianggap dapat membantu proses pembuangan racum di dalam tubuh. Sebenarnya, tubuh dapat membuang racun sendiri, yakni dengan ginjal. Meski begitu, infused water dapat membuat seseorang minum air lebih banyak, sehingga asupan air terpenuhi dan meringankan kerja ginjal untuk menyaring racun dan kotoran dalam darah dan mengeluarkannya melalui urin.

Keempat, melancarkan kerja pencernaan. Infused water dapat membantu memberikan asupan air yang dibutuhkan oleh sistem pencernaan agar bisa bekerja dengan optimal. Apabila tubuh kekurangan cairan, usus besar sulit mencerna sisa hasil makanan dengan baik dan menghasilkan feses yang keras sehingga Anda berisiko terkena sembelit.

Kelima, alternatif bagi yang tidak suka air putih. Beberapa orang tidak suka meminum air putih, padahal tubuh harus diberi asupan air agar fungsi organ tubuh berfungsi dengan baik. Infused water bisa menjadi alternatif asupan untuk tubuh.

Cara Membuat Infused Water

Infused water sangat mudah dibuat karena bahan-bahannya dapat dengan mudah didapatkan. Dilansir dari alodokter.com, berikut salah satu resep infused water yang dapat dicoba: (a) 2 buah pir; (b)1  buah jeruk nipis yang telah dipotong menjadi dua; (c) jahe secukupnya; (d) iris kecil-kecil bahan yang ada; (e) ½ – 1 liter air putih; (f) campurkan seluruh bahan kedalam botol minum, dan; diamkan kurang lebih 12-24 jam di dalam kulkas.

Saat hendak membuat infused water, pastikan menggunakan air bersih dan seluruh bahan-bahan telah dicuci terlebih dahulu.

Infused water dapet menjadi alternatif lain untuk mengkonsumsi buah yang dirasa kurang disukai, misal buah yang masam. Dengan mengolahnya menjadi infused water, seseorang tetap dapat mendapatkan kandungan gizi dari buah tersebut. Banyak yang menganggap minuman infused water ini lebih menyehatkan dibandingkan dengan air putih biasa. Maka tidak sedikit pula yang menggunakan infused water sebagai pelepas dahaga setelah lelah berolahraga. (silvi)

Related posts
Gaya HidupKesehatan

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Sebagai negara tropis, pohon kelapa dapat dengan mudah tumbuh di Indonesia, terutama di sekitar pesisir. Tanaman ini dapat dimanfaatkan hampir semua bagiannya…
Berita

Penyebab Stroke pada Usia Muda

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Ario Soeryo, menjelaskan bahwa stroke…
Gaya HidupKesehatan

Anak Susah Makan? Ini Cara Mengatasinya

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Mencukupi kebutuhan nutrisi pada anak sangat penting, karena anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan. Anindita Wulnadari selaku Dokter Spesialis…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.