Manfaat Pemilahan Sampah

Gaya Hidup Info Sehat 5 Jul 2021 0 107x
Pemilahan Sampah

Tempat Pemilahan Sampah

Oleh: Fathia Salsabilla*

Sampah merupakan sisa-sisa kegiatan manusia dalam sehari-hari dan limbah yang dihasilkan oleh makhluk hidup. Sampah merupakan salah satu permasalahan terbesar di dunia yang tidak ada habisnya. Tidak jarang masyarakat mengeluh tentang bau sampah yang menyengat dan mengganggu.

Penyebab munculnya bau sampah yang menyengat ialah proses pembusukan sampah yang bercampur antara sampah organik dan anorganik menjadi satu di dalam plastik. Produksi sampah yang kian hari kian bertambah, dapat menyebabkan penumpukan yang sangat tinggi  di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Tanpa disadari, tempat pembuangan sampah semakin hari kian meluap sehingga menyebabkan tercemarnya lingkungan hidup dengan miliaran ton sampah yang tidak dapat didaur ulang dan tidak dapat terurai selama ratusan tahun lamanya. Saat ini sangat dibutuhkan kesadaran masyarakat akan bahaya pencemaran lingkungan tersebut. Jika tidak ada perubahan yang dilakukan oleh masyarakat, maka akan rusaklah lingkungan dan akan menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit.

Baca Juga: Gerakan Peduli Lingkungan

Dalam hal tersebut, pemilahan sampah merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan, sebagai bentuk pemanfaatan barang bekas yang dapat di olah dan digunakan kembali. Mengutip dari zerowaste.id, terdapat beberapa manfaat dari memilah sampah di antaranya ialah:

Pertama, sampah basah dan kering tidak tercampur, sehingga tidak menimbulkan bau yang menyengat dan mengganggu. Kedua, sampah-sampah berbahaya seperti sampah medis tidak tercampur dengan sampah lainnya. Ketiga, mempermudah dalam daur ulang sampah. Keempat, meminimalisir penumpukan sampah di TPA.

Dengan demikian, selain masyarakat mendapatkan kenyamanan di lingkungan hidupnya,  seluruh makhluk di muka bumi ini pun juga akan merasakan manfaatnya. Lingkungan akan menjadi jauh lebih bersih dan sehat, dan menghasilkan makhluk hidup yang sehat pula.

*Mahasiswa magang di Suara ‘Aisyiyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *