Manfaat Propolis Bagi Tubuh

Gaya Hidup Info Sehat 9 Jul 2021 1 121x
Manfaat Propolis

Manfaat Propolis

Selain dapat menghasilkan madu, lebah juga dapat menghasilkan getah yang biasa disebut sebagai propolis. Mengutip hellosehat.com, propolis merupakan produk sampingan berupa getah yang dihasilkan oleh madu. Ketika lebah mencampurkan getah pohon dengan zat alami dari dalam tubuh, lebah akan menghasilkan zat lengket berwarna cokelat kehijauan untuk melapisi sarang mereka. Zat lengket berwarna cokelat kehijauan inilah yang disebut dengan propolis.

Bagi lebah madu, mereka akan mengumpulkan getah dari berbagai macam tumbuhan yang kemudian diisi ke dalam lubang dan celah-celah sarang mereka. Hal tersebut mereka lakukan dengan tujuan melindungi dan memperbaiki sarang dari hewan pemangsa atau ancaman luar. Propolis sudah digunakan sebagai obat luka, infeksi, dan perantara proses pemulihan di kala sakit sejak ribuan tahun yang lalu.

Obat-obatan herbal sudah digunakan oleh manusia sejak zaman dahulu guna mengobati dan mencegah berbagai gangguan kesehatan dan penyakit tertentu. Kandungan getah yang dihasilkan oleh setiap lebah beraneka ragam, tergantung dari jenis tanaman yang diisapnya, sehingga hasil propolisnya pun berbeda.

Baca Juga: Aneka Makanan Sehat bagi Penderita Sakit Maag

Banyak orang sudah mempercayai khasiat dari mengonsumsi propolis untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah tertular penyakit. Propolis mempunyai kandungan zat dan nutrisi yang hampir sama dengan madu, yang baik dikonsumsi untuk kesehatan dan kecantikan. Terdapat beberapa zat dan nutrisi yang terkandung dalam propolis, di antaranya ialah karbohidrat, zat besi, kalium, vitamin B, vitamin C, vitamin E, lemak, protein, dan magnesium.

Mengutip alodokter.com, propolis biasanya terkandung di dalam madu walau kadarnya hanya sedikit. Selain itu, propolis juga sering ditemukan dalam bentuk suplemen, salep atau losion, pasta gigi, dan obat kumur.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa propolis mempunyai antibakterial, antijamur, antivirus, antiradang, dan antikanker. Hal ini membuat propolis diklaim mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan, di antaranya: pertama, menyembuhkan luka di kulit; kedua, kadar gula dan kolesterol; ketiga, mengatasi radang gusi; keempat, meringankan nyeri dan pembengkakan pada sendi; kelima, menghambat pertumbuhan sel kanker; keenam, menguatkan daya tahan tubuh, dan; ketujuh, menjaga fungsi dan kesehatan otak. (Fathia*)

*Mahasiswa magang di Suara ‘Aisyiyah

One thought on “Manfaat Propolis Bagi Tubuh”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *