Manfaat Tanaman Lidah Buaya untuk Kesehatan

Gaya Hidup Info Sehat 16 Agu 2021 0 183x
Manfaat lidah buaya

Manfaat lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang sering kita jumpai di sekitar kita. Lidah buaya juga mudah dan cepat tumbuh, yakni hanya dengan memanfaatkan lahan berpasir dan tidak membutuhkan banyak air. Tanaman ini sudah dikenal kaya akan manfaatnya, seperti dapat dikonsumsi dan digunakan sebagai obat. Lidah buaya mempunyai kandungan vitamin A, B, C, dan E, natrium, glukosa, kalsium, anti-oksidan, folat, dan magnesium.

Nutrisi yang terdapat dalam lidah buaya membuatnya menjadi salah satu tanaman herbal yang bagus untuk tubuh. Lidah buaya juga baik bagi kesehatan kulit. Kandungan antioksidan, vitamin A, dan C dalam lidah buaya mampu mengobati luka bakar, luka sayatan, dan dapat melembapkan kulit. Lidah buaya juga mampu membuat kulit lebih halus dan cerah secara alami.

Selain karena lidah buaya lebih praktis, mudah dicari dan didapatkan, cara menggunakannya juga sangat mudah. Mengutip health.detik.com, ada beberapa manfaat lidah buaya yang belum banyak orang mengetahuinya, seperti:

Pertama, menjaga kesehatan rambut. Banyak produk perawatan rambut yang mempunyai kandungan lidah buaya. Di antara sebabnya adalah karena lidah buaya mampu menghilangkan ketombe, mencegah kerontokan pada rambut, mampu memperkuat akar rambut, dan menjaga warna rambut tetap hitam dan berkilau. Lidah buaya juga dapat digunakan secara langsung dengan diambil gel-gelnya kemudian digunakan sebagai masker rambut.

Kedua, menjaga kelembapan pada bibir. Selain dapat digunakan untuk menjaga kesehatan pada  bibir, lidah buaya juga mampu memberikan kelembapan bibir, membuat bibir menjadi merah alami, dan dapat menghaluskan permukaan bibir dengan penggunaan yang dilakukan secara rutin.

Ketiga, mampu mengobati jerawat. Kandungan zat anti-mikroba dan anti-radang yang terdapat dalam lidah buaya mampu mengobati jerawat yang muncul di wajah. Lidah buaya dapat digunakan sebagai masker wajah.

Baca Juga: Ramuan Jamu Penjaga Imunitas Tubuh

Keempat, mempercepat kesembuhan pada luka. Kandungan anti-oksidan dan kalium pada lidah buaya dapat digunakan untuk mengobati luka, karena kandungan tersebut mampu mempercepat penyembuhan luka.

Kelima, mencegah penuaan dini. Kandungan yang terdapat dalam lidah buaya mampu meningkatkan jumlah produksi kolagen, sehingga garis-garis halus dan kerutan yang muncul di wajah  dapat dicegah.

Keenam, menghilangkan stretch mark. Munculnya stretch mark biasa disebabkan oleh naik dan turunnya berat badan. Lidah buaya dapat digunakan dengan mengoleskannya langsung pada bagian tubuh yang mengalai stretch mark.

Ketujuh, menjaga sistem pencernaan. Kandungan enzim yang terdapat pada lidah buaya mampu memecahkan lemak guna melancarkan pencernaan dan menurunkan iritasi pada usus dan lambung.

Kedelapan, menghilangkan bintik-bintik hitam yang muncul di wajah. Bintik-bintik hitam dan flek yang muncul di wajah dapat dihilangkan dengan gel-gel yang ada pada lidah buaya. Gel-gel yang ada pada lidah buaya dapat dioleskan secara rutin, sehingga hasil yang didapat juga maksimal.

Kesembilan, membantu pemulihan luka akibat virus herpes simpleks. Lidah buaya mampu mempercepat penyembuhan luka akibat virus herpes kompleks, karena lidah buaya bersifat seperti anti-virus yang mampu membantu melawan virus herpes tersebut.

Kesepuluh, melembapkan kulit kering. Gel pada tanaman lidah buaya mampu melembapkan kulit karena mampu diserap oleh kulit dengan cepat.

Selain memiliki banyak manfaat, tanaman lidah buaya juga memiliki efek samping yang dapat muncul pada penggunanya. Meskipun kebanyakan orang merasakan manfaat yang terdapat dalam tanaman lidah buaya, tetapi reaksi yang muncul pada setiap orang bisa jadi berbeda-beda tergantung pada kondisi setiap orang. (Fathia*)

*Mahasiswa magang di Suara ‘Aisyiyah

 

Sumber:

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/17/094427020/8-manfaat-lidah-buaya-untuk-kulit-wajah?page=all

https://www.alodokter.com/khasiat-lidah-buaya-yang-sebenarnya

https://www.halodoc.com/artikel/5-manfaat-lidah-buaya-untuk-wajah

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4617053/12-manfaat-lidah-buaya-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-tubuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *