Marak Kekerasan Berbasis Gender Online, LKSA Putri Aisyiyah Jepara Selenggarakan Talkshow

Berita 30 Agu 2021 0 86x

Jepara, Suara ‘Aisyiyah – LKSA Putri ‘Aisyiyah Jepara yang berlokasi di Jl. dr. Sutomo, No: 18, Kauman, Jepara, mengadakan talkshow KBGO (Kekerasan Berbasis Gender Online), Sabtu 28 Agustus 2021 M bertepatan dengan 19 Muharram 1443 H.

Acara tersebut diprakarsai oleh Brelyantika Indra Jesa, seorang guru les di LKSA Putri ‘Aisyiyah Jepara sekaligus owner Panti Carita dengan mengundang narasumber seorang influencer muda, yaitu Putri Rania Taqiyya Andjani yang merupakan Duta Genre Jepara 2021. Hadir memeriahkan acara adalah anak-anak panti, pengurus panti, dan forum anak Jepara.

Taqiyya menjelaskan tentang Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO), mulai dari pengertian, bentuk-bentuk, cara mencegah, dan bagaimana cara melaporkannya. “KBGO merupakan kekerasan langsung pada seseorang yang didasarkan atas seks atau gender. Adapun bentuk dari KBGO, salah satunya yaitu cyber hacking. Contohnya ada seseorang yang mempunyai akun, baik Facebook, WhatsApp, Instagram, atau Twitter yang di-hack orang lain secara ilegal dengan tujuan mendapatkan informasi pribadi atau merusak reputasi korban,” jelasnya.

Baca Juga: Titik Temu Kesetaraan Gender

Sebagai upaya pencegahan, Taqiyya menjelaskan beberapa hal yang perlu dilakukan agar terhindar dari KBGO. “Percaya diri, yakin dengan diri sendiri, tidak mudah percaya begitu saja dengan orang lain, selalu menjaga kerahasiaan PIN, password dan hal-hal penting lainnya, dan berani menolak hal-hal negatif yang akan merugikan diri kita sendiri. Paling utama adalah mendekatkan diri kepada Allah swt.,” ulasnya.

Selanjutnya, Taqiyya juga memberikan tips melaporkan kasus KBGO, yakni mencari orang yang bisa dipercaya untuk menceritakan kejadian tersebut, dan/atau mencari bantuan kepada lembaga, organisasi, atau institusi terdekat yang bisa memberi bantuan atau pendampingan.

Di akhir talkshow, peserta diberi kesempatan untuk bertanya. Bagi peserta yang aktif bertanya mendapatkan bingkisan, dilanjutkan foto bersama. Eni Sulistiyowati selaku pengasuh panti menyampaikan, “semoga ilmunya bermanfaat bagi anak-anak panti. Kegiatan tetap patuhi protokol kesehatan, sebab PPKM masih berlangsung. Alhamdulillah saat ini Jepara berada di zona level 2,” ujarnya. (Hikmah Alvi Naila)

Tinggalkan Balasan