Berita

Masjid Syuhada Paser, Membangun Peradaban dari Masjid

Paser, Suara ‘AisyiyahDalam kuliah Subuh Ahad Sehat di Masjid Syuhada (20/3), Kiai Azhar Bahruddin mengatakan bahwa umat Islam harus membangun peradaban dari masjid. Menurutnya, masjid jangan hanya menjadi institusi spiritual, tetapi lebih dari itu adalah sebagai pusat aktivitas umat Islam, baik itu pendidikan, sosial, pemerintahan, termasuk administrasi, sebagaimana dicontohkan Rasulullah saw. ketika membangun Kota Madinah.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Paser, Asman, yang sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan Ahad Sehat Masjid Syuhada. Ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memakmurkan jamaah Masjid Syuhada, dan upaya membangun peradaban yang dimulai dengan kesehatan jasmani dan rohani.

Kegiatan Ahad Sehat menyentuh ranah tersebut, yaitu kesehatan jasmani dengan adanya pemeriksaan dan konsultasi kesehatan meliputi konsultasi kesehatan, pemeriksaan tensi darah, pengecekan kolesterol, pengecekan gula darah, dan pengecekan asam urat yang dilaksanakan oleh dokter-dokter muda Muhammadiyah yang semua dilaksanakan secara gratis; serta dilaksanakan sarapan bersama pasca kuliah subuh.

Baca Juga: Keutamaan Salat di Masjid Nabawi

Untuk kegiatan yang menyentuh kesehatan rohani, panitia menyelenggarakan kuliah subuh yang mengangkat tema “Membangun Peradaban dari Masjid”, di mana masjid sebagai pusat peradaban seperti dicontohkan Masjid Nabawi yang ada di Madinah pada zaman Rasulullah saw.

Selain itu, panitia juga melaksanakan Pasar Ahad Sehat Masjid Syuhada, di mana ada sekitar 19 stand dengan berbagai macam bahan-bahan yang dijual. Cara pembeliannya dengan menukarkan voucher belanja yang dibagikan oleh panitia. Menurut Asman, ini merupakan wujud komitmen Masjid Syuhada dalam mengembangkan perekonomian jamaah Masjid Syuhada, Paser, Kalimantan Timur.

Kegiatan ini di dukung oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kabupaten Paser, Masjid Syuhada, Lazismu Kabupaten Paser, AMM Kabupaten Paser, AUM se-Kabupaten Paser, PCM dan PCA se-Kabupaten Paser, PRM dan PRA se-Kabupaten Paser, serta Tweety FC. Kegiatan Ahad Sehat Masjid Syuhada akan dilaksanakan 1 kali dalam sebulan. (sri/sb)

Related posts
Berita

Peringati Milad Ke-109 Muhammadiyah, PDM Paser Gelar Gelar Sunatan Massal

Tanah Grogot, Suara ‘Aisyiyah – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Paser, Kalimantan Timur menggelar acara peringatan Milad ke-109 Muhammadiyah. Selain melaksanakan upacara bendera…
Berita

Task Force PD Aisyiyah Paser Bagikan Paket Sembako ke Guru TK ABA Terdampak Pandemi

Paser, Suara ‘Aisyiyah – Task Force Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Paser bekerja sama dengan Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Kalimantan Timur melakukan aksi…

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.