Berita

MDMC Banyumas Raih Dua Kejuaraan di Jambore Nasional SAR Muhammadiyah

MDMC Banyumas

Banyumas, Suara ‘Aisyiyah Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Banyumas 1berhasil meraih juara pertama dalam lomba Navdar (Navigasi Darat) dan juara kedua Survival pada kegiatan Jambore Nasional SAR Muhammadiyah, Kamis-Ahad (11-14/8) di Waduk Wadaslintang, Wonosobo, Jawa Tengah. Ketua MDMC Banyumas, Sismanan mengatakan bahwa MDMC Banyumas mengirimkan tiga kontingen masing-masing MDMC Banyumas 1 dan 2 dan HW Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

“MDMC Banyumas 1 dan 2 merupakan gabungan dari MDMC daerah dan MDMC Pontren Modern Zam-Zam. Sedangkan kontingan satunya dari HW UMP. Alhamdulillah kami berhasil meraih dua kejuaraan dalam lomba yang terdiri dari delapan mata lomba,” kata Sismanan melalui chat WhatsApp.

Baca Juga: Jambore Nasional SAR Muhammadiyah Resmi Ditutup

Dijelaskan, dari ketiga kontingen itu, masing-masing kontingen terdiri dari tujuh personil. Yaitu lima  anggota, satu official, dan satu cadangan. Sebagaimana kontingen lainnya, tiga kontingan MDMC Banyumas yang salah satu personilnya seorang perempuan, dalam perjalanan menuju lokasi kegiatan ditempuh dengan jalan kaki  (long march) dari Kota Wonosobo yang melintasi beberapa desa hingga sampai ke Waduk Wadalintang yang ditempuh selama tiga hari dua malam perjalanan yaitu sejak Jumat hingga Ahad, dengan jarak hampir lima puluhan kilometer.

“Meskipun ada personil putri, namun dalam kegiatan ini pihak panitia memang belum mengagendakan tim khusus perempuan, sehingga keberadaannya menyesuikan dengan tata aturan yang ada,” tambahnya.

Adapun delapan jenis perlombaan keterampilan bagi personil relawan itu meliputi Medical First Responder, HART (High Angel Rescue Teknik), Navrad (navigasi darat), Survival, RTGHT (Reach, Throw, Row, Go, Tow), Run Swim Run, dan renang sejauh dua kilometer di Waduk Wadaslintang. (h/sb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.