MDMC dan Lazismu Kalimantan Selatan Bantu Warga Terdampak Banjir Sungai Kusan

Berita 1 Sep 2021 0 56x

Tanah Bumbu, Suara ‘Aisyiyah – Selama sepekan terakhir, curah hujan yang cukup tinggi memicu terjadinya banjir di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Akibatnya, Sungai Kusan meluap dan merendam beberapa desa di Kecamatan Kusan Tengah dengan ketinggian antara 1 sampai 2 meter. Salah satu desa yang terdampak banjir adalah Desa Serdangan. 106 rumah warga yang dihuni oleh 187 Kepala Keluarga atau 535 jiwa di desa ini turut terendam banjir.

Muhammadiyah segera bergerak merespons situasi tersebut dengan melakukan koordinasi melalui MDMC dengan didukung oleh Lazismu Kabupaten Tanah Bumbu. Relawan Muhammadiyah pun segera bergerak untuk membantu warga yang terdampak banjir tersebut. Selain itu, Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan juga turut hadir di Desa Serdangan pada Sabtu (28/08) untuk menyerahkan bantuan.

Andi Tanra Fitriadi, Kepala Desa Serdangan menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Muhammadiyah. Bantuan ini selanjutnya akan diserahkan kepada warga secara merata. “Kami ucapkan terima kasih atas bantuan dari Muhammadiyah baik Lazismu maupun MDMC. Bantuan yang kami terima ini nantinya akan kami bagikan secara merata kepada warga yang memerlukan,” ucapnya.

Andi juga menjelaskan bahwa rata-rata pekerjaan warga Desa Serdangan adalah bertani. Oleh karena itu, meskipun ada warga yang rumahnya tidak ikut terendam, bantuan masih dibutuhkan karena lahan sawah dan kebun warga tersebut ikut terendam akibat banjir. “Mungkin ada warga yang tidak terendam rumahnya, tapi lahan sawah dan kebun mereka terendam. Oleh sebab itu, kami bagikan secara merata kepada warga,” jelasnya.

Baca Juga: Kosmopolitanisme Muhammadiyah

Sementara itu, Manajer Regional Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan Abdullah Sani yang turun ke lokasi menerangkan terkait kedatangan Lazismu. “Kedatangan kami ke sini setelah mendapatkan informasi telah terjadi banjir oleh MDMC dan Lazismu Kabupaten Tanah Bumbu. Alhamdulillah kami dibantu kawan-kawan relawan di Tanah Bumbu berkesempatan menuju lokasi untuk menyerahkan bantuan,” terangnya.

Terkait bantuan yang diberikan, Sani menyampaikan bahwa bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan mendesak warga dengan bentuk beragam, mulai dari keperluan bayi hingga makanan. “Bantuan yang diberikan seperti popok bayi, susu bayi, air mineral, makanan siap saji, makanan ringan, obat-obatan, dan masih banyak lagi,” imbuhnya.

Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan senantiasa mendukung respon terhadap bencana yang ada di Kalimantan Selatan. Tak hanya pada tahap tanggap darurat, dukungan juga diberikan saat tahap rehabilitasi pasca bencana. Untuk itu Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan mengajak para donatur melalui program Indonesia Siaga untuk memberikan infak terbaiknya melalui rekening BSI 7100799299 agar dapat terus membantu warga yang terdampak bencana. (MDN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *