Berita

MDMC dan LPB Kabupaten Pemalang Gelar Pelatihan Siap Siaga Bencana

MDMC Pemalang

MDMC PemalangPemalang, Suara ‘Aisyiyah – Bertempat di Obyek Wisata Pemandian Moga, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pemalang mengadakan Pelatihan Siap Siaga Bencana. Pelatihan ini diadakan pada Ahad (7/11).

Erwin Ediyanto Erapraja selaku Ketua MDMC PDM Kabupaten Pemalang dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa pelatihan siap siaga bencana ini menyasar peserta dari perwakilan ortom. Ia mengatakan, saat ini curah hujan di Jawa Tengah, khususnya di Pemalang, termasuk berada dalam intensitas tinggi, sehingga pelatihan siap siaga bencana ini penting untuk dilakukan.

Baca Juga: Masif Bergerak Tanggulangi Bencana, MDMC Terima Penghargaan BNPB

Lebih lanjut, dia berharap agar semua peserta dapat mengikuti kegiatan pelatihan dengan baik dan sungguh-sungguh. Tujuannya adalah seluruh komponen persyarikatan Muhammadiyah mempunyai kemampuan manajemen posko, penanganan bencana, psikososial pasca bencana, penanganan medis, dan pengelolaan dapur umum.

Ada 5 (lima) materi yang diberikan dalam pelatihan ini, yaitu: Manajemen Posko, Dapur Umum, Penanganan Medis, Psikososial Pasca Bencana, dan Water Rescue. Seluruh peserta pelatihan mengikuti simulasi langsung dengan melaksanakan kegiatan penaggulangan bencana dengan menerapkan materi yang sudah disampaikan.

Acara pelatihan siap siaga bencana MDMC/LPB ini ditutup oleh Maezi, mewakili PDM Kabupaten Pemalang. (Ika Puspita Dewi/sb)

Related posts
Sosial Budaya

Peran Kebangsaan Muhammadiyah di Era Pra Kemerdekaan dan Era Digital

17 Agustus 2022 merupakan tahun ketiga Indonesia merayakan hari kemerdekaan di tengah pandemi Covid-19. Saat ini, Indonesia memasuki usia 77 tahun. Di…
Berita

Jambore Nasional SAR Muhammadiyah Resmi Ditutup

Wonosobo, Suara ‘Aisyiyah – Jambore Nasional SAR Muhammadiyah yang sudah berlangsung sejak Kamis (11/8) resmi ditutup pada Ahad (14/8). Upacara penutupan digelar…
Berita

Jambore Nasional SAR Muhammadiyah di Wonosobo Diikuti 30 Kontingen

Wonosobo, Suara ‘Aisyiyah –  Sejumlah 30 kontingen relawan Muhammadiyah se-Jawa tengah, Lampung, dan Makassar ikut serta dalam Jambore Nasional SAR Muhammadiyah di…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.