Berita

MDMC Sumatera Selatan Respons Cepat Gempa Pasaman, Tiga Layanan Prioritas Dibutuhkan

Pasaman, Suara ‘Aisyiyah Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Selatan melakukan respons cepat terhadap gempa yang terjadi di Pasaman, Sumatera Barat. Gempa berkekuatan 6,1 magnitudo itu melanda Pasaman pada Jumat (25/2).

Ketua MDMC Sumatera Selatan Kuswanto  mengatakan, sudah hampir sepekan relawan MDMC berada di Pasaman. “Alhamdulilah kita bersama relawan Muhammadiyah terus berkoordinasi dengan berbagai lembagai terkait, seperti PDM, BPBD, dan Pemerintahan setempat,” terangnya pada Rabu (2/3).

Kegiatan yang telah dilaksanakan MDMC Sumatera Selatan di antaranya  asesmen, pendirian poskor, membantu pendirian tenda darurat untuk penyintas bekerja sama dengan lembaga-lembaga lain untuk bisa berkoordinasi dengan badan bencana daerah maupun nasional.

Baca Juga: Hidup Berdampingan dengan Ancama Bencana, Masyarakat Harus Siap Risiko

Kuswanto melanjutkan, saat ini MDMC Sumatera Selatan sedang melakukan koordinasi bersama PDM Pasaman, dan pustu malampah Tigo Nagari guna mendiskusikan kegiatan yang akan dikerjakan beberapa hari ke depan. Ia menambahkan, saat ini kondisi Pasaman aman dan kondusif. Meski begitu, segenap pihak tetap bersiap siaga jika ada gempa susulan.

Adapun kebutuhan masyarakat yang sangat dibutuhkan saat ini adalah: pelayanan kesehatan, pendampingan psikososial, dan managemen poskor. Ia juga menginstruksikan kepada seluruh relawan Muhammadiyah Sumatera Selatan untuk menyiapkan diri berangkat ke lokasi bencana. (marta/sb)

Related posts
Berita

Respons Gempa Pasaman, MDMC Sumsel Kirim DMC RS Muhammadiyah Palembang

Palembang, Suara ‘Aisyiyah – Muhammadiyah Disastrer Management Center (MDMC) Sumatera Selatan (Sumsel) mengirim relawan tahap dua guna melakukan respons bencana gempa bumi…
Berita

MDMC Palembang Gelar Diklat Dasar Relawan Muhammadiyah

Palembang, Suara ‘Aisyiyah – Muhammadiyah Disaster Managemen Center (MDMC) Kota Palembang menggelar Pelatihan dan Latihan Dasar (DIKLAT Dasar) dengan tema “Bersama Relawan…
Berita

MDMC dan Lazismu Kalimantan Selatan Bantu Warga Terdampak Banjir Sungai Kusan

Tanah Bumbu, Suara ‘Aisyiyah – Selama sepekan terakhir, curah hujan yang cukup tinggi memicu terjadinya banjir di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan….

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.