Media Sosial, Solusi Alternatif Datangkan Rezeki

Gaya Hidup 5 Mar 2021 0 79x

Manfaatkan Media Sosial

Oleh: Dadad Sesa / Ed Susi

Hadirnya media sosia di tengah kemajuan zaman, sungguh memberikan banyak kemudahan yang tentunya dapat kita manfaatkann. Salah satunya untuk memperoleh peruntungan dalam hal mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Dalam hal bisnis, media sosial kini sudah menjelma sebagai jembatan penghubung yang efektif antara pemilik usaha dengan calon pembeli atau customer. Media sosial atau yang biasa disebut dengan medsos juga sudah menjadi cabang baru di dunia marketing yang saat ini mulai dipelajari dan digeluti oleh banyak orang.

Efektivitas Media Sosial Instagram

Salah satu media sosial popular yang saat ini digemari oleh masyarakat umum adalah Instagram. Faktanya sampai dengan hari ini, sudah banyak pemilik usaha menjadi terbuka usahanya dan lebih luas target pasarnya karena Instagram, mulai dari usaha sederhana seperi jasa titip, kuliner, alat-alat kecantikan, dan lainnya.

Tidak hanya itu, usaha besarpun turut memanfaatkan media sosial Instagram guna menarik pelanggannya, seperti usaha properti bahkan importir sudah marak dipasarkan melalui media sosial ini.

Selain itu, setiap postingan yang di upload melalui Instagram kini dapat dihubungkan ke media sosial lainnya seperti Facebook ataupun Twitter. Hal ini jelas memudahkan para pemilik usaha dalam memperluas target pasarnya dan juga sebagai media promosi.

Namun, Apakah semudah itu memasarkan usaha Anda melalui Instagram? Jawabannya tentu tidak. Ada banyak faktor yang membuat usaha Anda bisa menarik calon customer sehingga memutuskan untuk membeli produk Anda. Salah satu hal paling penting adalah pembuatan konten di Instagram yang secara tidak langsung menjadi katalog online untuk calon customer Anda.

Tips Pembuatan Konten Menarik di Instagram

Dadad Sesa pemilik Javafoodie mengungkapkan bahwa salah satu media promosi yang Ia pilih untuk usaha kulinernya tersebut yaitu Instagram.  Dadad memberikan tips sederhana untuk membuat konten yang menarik di Instagram, khususnya dari sisi Kuliner.

Dadad berharap tips yang diberikannya dapat menggugah para pembaca untuk dapat memanfaatkan medsos agar dapat bermanfaat secara ekonomi dan tentunya dapat memperluas pasar usahanya lewat Instagram.

Pertama, Cari nilai lebih dari produk Anda. Berpikirlah cara agar produk yang Anda jual tidak terlihat standar, atau terlihat biasa-biasa saja. Sebagai contoh, penjual Siomay ini menghadirkan siomay 1 kg supaya menarik banyak orang untuk mencoba produknya.  Ketika produk Anda berhasil dicoba banyak customer dan mereka cocok akan terjadi repeat order. Setelah itu? Tentu saja akan terjadi peningkatan profit.

Kedua, Belajar memproduksi konten yang menarik di Instagram Anda. Anda dapat belajar dari YouTube, mengikuti seminar food photography di kota Anda, atau belajar dari komunitas foto lokal

Ketiga, Kenali angle terbaik produk Anda. Semakin Anda meng-eksplore produk Anda, pasti Anda akan tahu angle-angle mana yang menarik untuk ditampilkan dari produk Anda. Banyak angle yang bisa Anda pilih ketika ingin memotret produk Anda.

Close Up Photo, untuk Anda yang ingin membuat produk lebih menggiurkan.  Anda juga bisa memilih angle bird eye photo, atau foto dari atas dengan berbagai macam properti sehingga produk Anda lebih berwarna.

Keempat, Belajar photo editing melalui handphone yang simple dan praktis. Ada banyak aplikasi editing yang dapat Anda pilih. Namun saya sangat menyarankan Snapseed. Selain gratis, aplikasi ini juga menawarkan banyak fitur yang lengkap. Tidak perlu banyak touch up untuk mengedit foto Anda.

Hal ini demi menghindari perbedaan produk saat customer melihat di media sosial Anda dan saat customer melihat langsung. Cukup melakukan sedikit penerangan melalui highlight. Perbaikan warna di contrast, penebalan warna di ambiance, penurunan suhu warna di warmth, dan penambahan struktur di sharpen dan structure

Kelima, Belajar memperbagus feed dan story di Instagram. Anda dapat menggunakan aplikasi Photo dan Canvas untuk memperbagus konten Anda, semisal untuk membuat poster, pengumuman promo, atau sekadar mempercantik foto Anda.

Demikian tips dan trik membuat konten yang menarik di Instagram. Setelah mempelajarinya, yang harus Anda pertahankan adalah konsistensi karena konten yang menarik harus selalu dipertahankan demi menarik calon customer Anda. Semoga dengan konsistensi dan konten yang menarik dapat memperluas target pasar Anda dan juga tentunya memberikan keuntungan sesuai dengan yang diharapkan.

 

Leave a Reply