Berita

MEK dan MKS PDA Se-Jawa Tengah Gelar Koordinasi Pengadaan SWA Panti

Kudus, Suara ‘Aisyiyah Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan (MEK) dan Majelis Kesejahteraan Sosial (MKS) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah mengadakan Koordinasi Sekolah Wirausaha ‘Aisyiyah Panti Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah, Ahad (11/4). Koordinasi ini diikuti oleh MEK PWA dan PDA, MKS PWA dan PDA, PDA se-Jawa Tengah, dan kepala Panti Asuhan ‘Aisyiyah se-Jawa Tengah secara daring.

Ummul Baroroh selaku Ketua PWA Jawa Tengah dalam sambutannya menyatakan, “perlu diadakan SWA Panti untuk mengakomodir minat anak panti, sehingga dengan penyelenggaraan SWA dapat ditindaklanjuti dengan membuat parcel dari kita untuk kita, dengan harapan dapat mendorong usaha kita semakin berkembang”.

Sementara itu, Eka Handriyani selaku narasumber menyampaikan bahwa ada setidaknya 6 (enam) tujuan diadakannya program ini, yakni: mengembangkan potensi bakat minat anak panti, membangun mental entrepreneur, menguatkan keterampilan entrepreneur, membangun mental entrepreneurship anak panti, menjaring potensi dan bakat anak panti, serta meningkatkan keterampilan entrepreneur.

Program SWA Panti ini dilaksanakan dengan menyelenggarakan kegiatan pembelajaran entrepreneur secara tatap muka. Jika terdapat kendala dan keterbatasan wilayah, kata Eka, maka SWA Panti dapat dilaksanakan secara online, namun praktik kewirausahaan tetap harus dilaksanakan dengan tatap muka.

Baca Juga: Dyah Suminar: Pengusaha Tidak Boleh “Alergi” pada Perubahan Zaman

Eka Handriyani menjelaskan, pembelajaran enterpreneurship untuk setiap anak panti adalah dengan memberikan skill, sehingga saat keluar dari panti dapat hidup mandiri. Dasarnya berupa minat anak panti usia pendidikan menengah dan atas (SMP dan SMA). Materi pembelajaran meliputi: ke-’Aisyiyahan, pemetaan potensi bakat dan minat peserta SWA Panti, membangun mental wirausaha, mind mapping wirausaha, menyusun rencana bisnis dan skala prioritas, literasi keuangan usaha, serta networking dan marketing.

Tahapan dan mekanisme pelaksanaan agar SWA Panti dapat berjalan dengan lancar, diperlukan pembagian tugas dan wewenang yang jelas antara MEK dan MKS di tingkat PWA dan PDA, dengan implementasi entrepreneur yang dukungan dari Lazismu daerah masing-masing.

Dalam hal ini, lanjut Eka, memang diperlukan sinergi dan kolaborasi. Oleh karena itu diperlukan penguatan oleh beberapa pihak, di antaranya: lembaga eksternal (AUM, kampus, dan sekolah Muhammadiyah), antar majelis-organisasi ‘Aisyiyah (MEK, MKS, Kesehatan, Hukum dan HAM, Pembina Kader, Tabligh, Lembaga Kebudayaan, serta Lembaga Lingkudan dan Kebencanaan), antar ortom, amal usaha, dan Evermos.

Selanjutnya, Eny Winaryati dalam pemaparan materinya menyampaikan tentang penguatan dan tindak lanjut. “Kegiatan dapat dilakukan bersama PAY dan PMI Purna (Pekerja Migran Indonesia, dulu TKW). Beberapa sinergitas terkait SWA yang akan kita lakukan dengan memberikan pembekalan pada mantan TKW, dengan berdasarkan pendataan minat dari anak panti. Dari kegiatan satu angkatan tersebut akan dilaksanakan kegiatan yang sama. Jika setelah itu dapat diadakan kegiatan SWA lagi dengan peminatan yang berbeda. Dengan sinergitas yang kuat, kegiatan ini dapat diawali dengan pemberian materi oleh MEK PWA dan dilanjutkan pendampingan oleh MEK PDA masing-masing,” terangnya.

Selanjutnya disampaikan pengenalan marketplace Evermos yang telah bekerja sama dengan MEK PP Muhammadiyah untuk meningkatkan ekonomi umat dan pemberdayaan UMKM dengan mefasilitasi wirausahawan Muhammadiyah untuk memasarkan produk-produknya melalui ratusan ribu jaringan reseller yang tergabung di Evermos. (Wakhidah Noor Agustina/sb)

Related posts
Berita

Peringati Hari Bumi, LLHPB PWA Jawa Tengah Instruksikan Anggota Menanam Pohon

Surakarta, Suara ‘Aisyiyah – Dalam rangka Hari Kartini, Hari Bumi, dan Hari Kesiapsiagaan Bencana, Divisi Lingkungan Hidup (LH) Lembaga Lingkungan Hidup dan…
Berita

Ikhtiar Bangkitkan Ekonomi Umat, PWA Jawa Tengah Adakan Pelatihan Evermos

Kudus, Suara ‘Aisyiyah – Majelis Ekonomi dan Ketenagekerjaan (MEK) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah pada Jumat (15/4) menyelenggarakan pelatihan Evermos yang…
Berita

Sukseskan Green Muktamar, LLHPB PWA Jawa Tengah Adakan Rakor

Surakarta, Suara ‘Aisyiyah – Divisi Lingkungan Hidup dan Media Publikasi Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.