Berita

MEK PDA Banyumas Umumkan Pemenang Lomba Video GLHA dan Olahan Pangan Lokal

Banyumas, Suara ‘Aisyiyah Sabtu, 27 November 2021 lalu telah dilaksanakan sosialisasi lomba berjenjang Gerakan Lumbung Hidup Aisyiyah (GLHA) dan Olahan Pangan Lokal. Lomba yang dilakukan dengan cara mengirimkan video ini merupakan lomba tingkat Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) se-Kabupaten Banyumas.

Tujuh belas PCA mengikuti lomba GLHA ini. Kriteria penilaian lomba meliputi jumlah ranting yang mengikuti atau terlibat dalam lomba, keragaman usaha, keragaman tanaman, kebersihan lingkungan, serta penataan tanaman, ternak, ikan, dan pengorganisasiannya. Sementara lomba Olahan Pangan Lokal diikuti 18 PCA, dengan kriteria penilaian kreativitas, sehat dan higienis, kemasan, komposisi bahan yang digunakan, dan nilai usaha.

Dewan juri lomba ini terdiri atas tiga orang, yaitu Naelati Tubastuvi selaku Ketua MEK PDA Banyumas, Nari Bronto selaku Bendahara MEK PDA Banyumas, dan Benita Riana Varunawati selaku Divisi Ketahanan Pangan MEK PDA Banyumas.

Baca Juga: Riza Azyumarridha Azra Si Anak Singkong

Setelah melalui tahapan dan penentuan hasil akhir penilaian lomba, pada Selasa (25/1), diumumkan oleh tim juri pemenang lomba tersebut, yaitu: Juara 1 GLHA adalah PCA Jatilawang dengan nilai 360; Juara 2 GLHA adalah PCA Purwokerto Utara dengan nilai 350. Juara 1 Olahan Pangan Lokal adalah PCA Sumpyuh dengan nama makanan “Wingko Singkong” dengan nilai 275; Juara 2 Olahan Pangan Lokal adalah PCA Jatilawang dengan nama makanan “Kerupuk Mireng” dengan nilai 260.

Para juara tersebut akan mewakili MEK PDA Banyumas pada lomba serupa di tingkat MEK Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah. Para pemenang mendapat hadiah berupa uang pembinaan dan piagam penghargaan. Total hadiah berjumlah Rp2.000.000.00 (dua juta rupiah), dengan rincian: lomba GLHA juara 1 Rp750.000.00, dan juara 2 Rp650.000.00, dan; lomba Olahan Pangan juara 1 Rp300.000.00, dan juara 2 Rp300.000.00. (Rhani/Mintarti)

Related posts
Berita

SMA Trensains Muhammadiyah Sragen Torehkan Prestasi Internasional

Sragen, Suara ‘Aisyiyah – SMA Trensains Muhammadiyah Sragen, Jawa Tengah, torehkan prestasi dan harumkan nama Indonesia di kancah internasional. Mengikuti lomba ASEAN…
Berita

LLHPB dan MEK PWA Jawa Timur Lakukan Penjurian Lomba GLHA dan OPL

Surabaya, Suara ‘Aisyiyah – Selama dua hari, Koordinator Bidang Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) bersama Ketua Majelis Ekonomi Pimpinan Wilayah…
Berita

GLHA Ambulu Wakili PDA Jember Ikuti Expo GLHA Tingkat Wilayah

Jember, Suara ‘Aisyiyah – Dalam rangka mensukseskan program ketahanan pangan terutama di masa pandemi, Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Ambulu Jember mengadakan kegiatan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.