Berita

MEK PWA Jawa Tengah Mewisuda Peserta SWA 2 Kudus

Kudus, Suara ‘Aisyiyah – Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan (MEK) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah pada Sabtu (5/2) menghadiri wisuda 28 peserta Sekolah Wirausaha ‘Aisyiyah (SWA) di Aula Panti Asuhan ‘Aisyiyah Kudus. Peserta terpilih yang dikelompokkan menjadi kelas keterampilan merajut dan kelas membuat jahe instan ini merupakan perwakilan dari 12 Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) di Kabupaten Kudus dan utusan Pimpinan Daerah Nasyiatul ‘Aisyiyah (PDNA) Kudus. Kegiatan yang telah dilaksanakan mulai 15 Januari 2022 tersebut diikuti dengan penuh semangat dan antusiasme yang tinggi oleh peserta.

Khosifah selaku Ketua PDA Kabupaten Kudus menyampaikan dalam sambutannya, “berlangsungnya kegiatan dengan lancar selain karena partisipasi aktif dari peserta, juga tidak dapat dilepaskan dari dukungan dana oleh Rumah Sakit ‘Aisyiyah Kudus, LazisMu Kudus, dan Endang Kursistiyani, warga ‘Aisyiyah yang juga sebagai ketua Fraksi PAN DPRD Kabupaten Kudus. Setelah peserta memperoleh ilmu dalam kegiatan SWA ini diharapkan dapat menerapkan dan membagikan ilmu yang didapatnya”.

Ketua MEK PWA Jawa Tengah, Eny Winaryati yang juga menjabat sebagai dekan FMIPA Universitas Muhammadiyah Semarang yang berkenan hadir dalam wisuda SWA di Kudus ini menyampaikan dalam sambutannya bahwa PDA Kudus yang telah menyelenggarakan SWA sebanyak 2 kali ini diharapkan dapat mencapai kemandirian dan memenuhi 4 (empat) keterampilan, yakni: critical thinking, creative, collaborative, dan communicative.

“Kita harus melakukan kolaborasi dengan pihak lain. Jangan merasa sudah besar. Karena dengan kolaborasi akan membuat beban kita menjadi lebih ringan. Sebagai organisasi perempuan, ‘Aisyiyah telah menyelenggarakan kegiatan pertamanya berupa kegiatan di bidang sosial yang kemudian berkembang ke bidang pendidikan di tahun 1917 dengan mendirikan TK ABA yang pertama di Indonesia. Selanjutnya pada tahun 1930-an, ‘Aisyiyah bergerak di bidang kesehatan dengan mengadakan lomba balita,” ujarnya.

Baca Juga: SWA MEK PDA Rembang Adakan Pelatihan Seni Decoupage

Kepada para peserta dan panitia SWA, Eny Winaryati berpesan bahwa kegiatan wisuda ini bukan berarti tugas telah selesai. Ia menyebut beberapa kegiatan produktif telah menanti, seperti Klinik Usaha Keluarga ‘Aisyiyah (KUKA) yang dapat dilakukan ‘Aisyiyah dengan menggandeng PTM setempat.

Selain itu, ada juga Pengajian Ekonomi sebagai pengajian yang dilakukan dengan dasar untuk berdakwah; Bina Usaha Ekonomi Keluarga ‘Aisyiyah (BUEKA) melalui strategi pemberdayaan dan pendampingan yang dilakukan secara berkelompok; membentuk Ikatan Pengusaha ‘Aisyiyah (IPAS) dengan tujuan agar kaum perempuan dapat fokus dalam membangun dan mengembangkan kekuatan ekonomi secara bersama.

Di akhir pemaparannya, Eny menyampaika bekal untuk kehidupan selanjutnya, yakni ilmu yang bermanfaat, sedekah jariyah, dan doa anak sholih. (Wakhidah Noor Agustina)

Related posts
Berita

Peringati Hari Bumi, LLHPB PWA Jawa Tengah Instruksikan Anggota Menanam Pohon

Surakarta, Suara ‘Aisyiyah – Dalam rangka Hari Kartini, Hari Bumi, dan Hari Kesiapsiagaan Bencana, Divisi Lingkungan Hidup (LH) Lembaga Lingkungan Hidup dan…
Berita

Ikhtiar Bangkitkan Ekonomi Umat, PWA Jawa Tengah Adakan Pelatihan Evermos

Kudus, Suara ‘Aisyiyah – Majelis Ekonomi dan Ketenagekerjaan (MEK) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah pada Jumat (15/4) menyelenggarakan pelatihan Evermos yang…
Berita

Ketua PDA Kudus Terangkan Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan

Kudus, Suara ‘Aisyiyah – Rumah Sakit ‘Aisyiyah Kudus pada Jumat (15/4) mengadakan pengajian rutin yang diikuti pegawai RSA di Mushola Gotong Royong,…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.