Melalui Program Tepat Peduli BTPN Syariah, ‘Aisyiyah Dukung Budaya Baca

Berita 27 Oct 2020 0 73x

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah- ‘Aisyiyah bersama BTPN Syariah bangun perpustakaan dan dukungan APE di 23 Kabupaten dan 8 provinsi di Indonesia dalam Program Tepat Peduli. Disampaikan oleh Tri Hastuti Nur Rochimah selaku Sekretaris Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah bahwa pada program Tepat Peduli-‘Aisyiyah selain perpustakaan dan APE terdapat beberapa bentuk bantuan sesuai dengan kebutuhan penerima manfaat dan masyarakat.

“Kebanyakan bentuk bantuan program Tepat Peduli adalah APE dan perpustakaan dikarenakan mayoritas penerima manfaat adalah amal usaha pendidikan ‘Aisyiyah, dan APE serta perpustakaan merupakan kebutuhan penting dalam pembelajaran juga mendukung untuk menumbuhkan budaya literasi.” Namun demikian, Tri menambahkan bahwa perpustakaan juga dimanfaatkan oleh ‘Aisyiyah di komunitas maupun oleh amal usaha ‘Aisyiyah yang lain.

Dalam program yang berlangsung sejak Agustus sampai Oktober 2020 ini tercatat ada 38 titik penerima manfaat yang tersebar di 23 kabupaten dan 8 provinsi yang kemudian berkembang di beberapa daerah sehingga ada pertambahan penerima manfaat menjadi 40 titik. Bantuan lain yang diberikan dalam Program Tepat peduli ini seperti renovasi bangunan, pembuatan WC, pengadaan tempat wudhu sekolah, pemasangan instalasi listrik gedung, pengembangan budidaya hidroponik dan budidaya ikan, pengadaan perlengkapan koperasi sekolah, pengadaan barang kebutuhan panti asuhan, pengadaan tempat sampah, perlengkapan perawatan jenazah, dan pelatihan perawatan jenazah yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Disampaikan oleh Tri bahwa membangun perpustakaan di berbagai lokasi terutama lembaga pendidikan bagi ‘Aisyiyah adalah dukungan penting bagi gerakan ilmu. Ini menjadi salah satu poin penting dalam gerakan ‘Aisyiyah Abad Kedua yang tertera dalam Pokok Pikiran ‘Aisyiyah Abad Kedua.

Selain itu, Tri menambahkan bahwa terdapat pengadaan perlengkapan perawatan jenazah yang banyak dilakukan oleh penerima manfaat program Tepat Peduli khususnya Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah. “Pengadaan perlengkapan perawatan jenazah merupakan salah satu prioritas amal sosial ‘Aisyiyah di komunitas yang akan diperkuat dan dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat di sekitarnya.”

Ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kabupaten Pangkep, Sri Hajati Fachrul menyampaikan rasa terima kasihnya karena Kabupaten Pangkep diberikan kepercayaan sebagai penerima manfaat dari program Tepat Peduli ini. Ia menyampaikan bahwa ‘Aisyiyah akan mengelola sebaik-baiknya fasilitas yang telah diberikan oleh BTPN. Hariyati Kepala Sekolah TK ‘Aisyiyah Sangir, Colomadu, Karanganyaar sebagai salah satu penerima manfaat menyampaikan bahwa Tepat Peduli telah membantu dalam melakukan renovasi sekolah serta pengadaan perpustakaan dan APE. “Bantuan Tepat Peduli sangat bermanfaat bagi siswa, orang tua, dan masyarakat luas serta menunjang kami untuk dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.” (Suri)

Sumber : aisyiyah.or.id

Leave a Reply