Memperingati Isra’ Mi’raj, TK Aisyiyah 23 Kota Depok Adakan Lomba Berkisah Nabi dan Rasul

Berita 13 Mar 2021 0 94x
Lomba Berkisah Daring TK 'Aisyiyah 23 Depok

Lomba Berkisah Daring TK ‘Aisyiyah 23 Depok

Depok, Suara ‘Aisyiyah – Pandemi yang belum berakhir tidak menyurutkan semangat berkarya dan berprestasi bagi guru dan murid TK Aisyiyah 23 Kota Depok. Bertepatan dengan peringatan Isra’ Mi’raj 1442 H, TK Aisyiyah 23 Depok mengadakan kegiatan “Lomba Berkisah Daring Memperingati Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad saw”. Kegiatan ini merupakan kerja sama pihak TK dengan orang tua murid yang tergabung dalam POMG (Persatuan Orang Tua Murid dan Guru), dan diikuti oleh seluruh murid TK Aisyiyah 23 Kota Depok. Kegiatan ini bertujuan untuk semakin meningkatkan literasi dan pengetahuan murid mengenai Nabi dan Rasul.

Persiapan murid untuk mengikuti lomba ini telah dipersiapkan oleh guru dan orang tua kurang lebih tiga minggu sebelumnya. Setiap murid memilih salah satu kisah dari Nabi dan Rasul yang telah ditentukan sebelumnya oleh sekolah, yaitu: Kisah Nabi Muhammad, Kisah Nabi Nuh, Kisah Nabi Yunus, Kisah Nabi Musa, Kisah Nabi Ibrahim. Kemudian setiap murid berlatih bersama orang tua di rumah untuk menampilkan yang terbaik saat perlombaan.

Perlombaan diadakan bertepatan dengan tanggal 27 Rajab 1442 H/ 11 Maret 2021 melalui aplikasi Zoom Meeting. Acara dipandu oleh Arifani  selaku Kepala TK Aisyiyah 23 Kota Depok. Arifani menyambut seluruh peserta lomba dengan senyum gembira dan memberikan semangat untuk ber-fastabiqul khoirot melalui lomba berkisah ini. Sambutan juga diberikan oleh Ketua Bagian Pendidikan Pimpinan Ranting Aisyiyah Grand Depok City (GDC), yaitu Nini Raihani.

Dalam sambutannya, Nini menekankan pada peserta lomba untuk bersemangat melaksanakan salat, karena salat adalah hadiah yang diberikan oleh Allah swt. kepada ummat Islam melalui perjalanan Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad saw. sebagai sarana agar dapat langsung berkomunikasi dengan Allah swt.

Juri pada lomba ini adalah Marisa, yang merupakan pendongeng dan Dosen di Universitas Negeri Jakarta. Kriteria penilaian pada lomba berkisah ini adalah ekspresi bercerita, kesesuaian isi cerita, dan kelancaran bercerita. Selesai lomba, sambil menunggu juri menghitung penilaian, pemandu acara mengajak anak-anak menyaksikan tayangan kartun mengenai Isra’ dan Mi’raj.

Marisa menyampaikan kesannya pada peserta lomba yang sangat senang mengetahui murid-murid TK Aisyiyah 23 Kota Depok sedari kecil mengenal Nabi dan Rasul melalui baca-bacaan dan buku-buku. Ia berpesan agar anak-anak dapat meneladani akhlak para Nabi dan Rasul sebagai manusia terbaik yang di utus oleh Allah swt., sehingga kelak murid-murid TK Aisyiyah 23 Kota Depok dapat menggapai cita-citanya dan menjadi anak sholeh dan sholehah.

Pemenang Lomba Berkisah Memperingati Isra’ dan Mi’raj 1442 H kali ini adalah ananda Rafanda dengan Kisah Nabi Muhammad sebagai Juara 1, ananda Zaky dengan Kisah Nabi Nuh sebagai Juara 2, ananda Owen dengan Kisah Nabi Nuh sebagai Juara 3. Ananda Ghaozan dengan Kisah Nabi Musa sebagai Juara Harapan 1, ananda Sabienne dengan Kisah Nabi Muhammad sebagai Juara Harapan 2, dan ananda Sabil dengan Kisah Nabi Muhammad sebagai Juara Harapan 3.

Kepala TK Aisyiyah 23 Kota Depok yang mengikuti acara sampai akhir pun berpesan kepada para pemenang lomba dan seluruh peserta, bahwa menang dan kalah pada lomba itu biasa. Sehingga yang menang tidak boleh sombong dan yang kalah tidak perlu sedih. Karena Allah swt. melihat usaha anak-anak. Dan bagi yang belum juara, Allah ingin melihat usaha anak-anak lebih baik lagi. Semoga anak-anak yang sekolah di TK Aisyiyah selalu menjadi anak-anak yang rendah hati dan bersyukur kepada Allah. (Arifani/SB)

Leave a Reply