Mencegah Melebarnya Virus Corona, LLHPB Sulteng Adakan Sosialisasi Perilaku Hidup Sehat di Masa Pandemi

Berita 30 Sep 2020 0 48x

Palu, Suara ‘Aisyiyah- Hingga saat ini angka pasien Covid-19 di Indonesia terus meningkat. Hal ini membuat sebagian masyarakat gusar. Maka, pada tanggal (12/09) LLHPB Sulawesi Tengah di dampingi Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Sulawesi Tengah membuat seminar online “Perilaku Hidup Sehat di Masa Pandemi”.

Webinar kali ini dibuka oleh Ketua PWA Sulawesi Tengah Ibu Nursiah, S.Pd dan Prof. Dr. Ir. Marhawati Mappatoba, MT. Ia berharap pemahaman serta pengendalian diri dan keluarga untuk mencegah melebarnya Virus Corona, semakin bertambah dan masyarakat menyadari bahwa perilaku hidup sehat dan bersih selama Pandemi itu penting.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Ketua Majelis Kesehatan PWA yaitu Ibu Dr. Nur indriani Kasim Yahya dan Dr. Marhawati selaku narasumber, yang membahas terkait PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Pola ini akan di lakukan di secara terus menerus sehingga menjadi suatu kebiasaan.

“Provinsi Sulawesi Tengah mengalami peningkatan dengan 8 kasus yang muncul di daerah Donggala, 11 kasus daerah Palu, dengan jumlah data yang terkonfirmasi 269 kasus,” papar Dr. Marhawati.

Adapun manfaat kegiatan PHBS ini, untuk meningkatkan produktifitas & kualitas hidup serta ketahanan dari serangan penyakit, sehingga harapannya PHBS ini dapat di sebarkan ke masyarakat lebih luas melalui LSM yang ada.

Tatanan PHBS yang ditetapkan oleh pemerintah, yaitu : PHBS di rumah tangga, sekolah, tempat kerja, sarana kesehatan, dan tempat umum.  Sedangkan gambaran PHBS yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, yakni: Pertama, Mandi setiba dirumah, pakaian diganti, dan menjaga Wudhu (karena cara mencuci hidung seperti cara berwudhu pada bagian hidung). Kedua, Memakai masker dengan benar (mulai dari pangkal hidung sampai bawah dagu dengan masker kain 4 lapis dan terbatas pada 4 jam). Ketiga, Mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir

Keempat, Hindari kontak langsung (physical distancing). Kelima, Hindari kerumunan. Keenam, Menjaga kesehatan fisik dan mental. Ketujuh, Makan makanan bergizi seimbang, perbanyak buah dan sayur. Kedelapan, Olahraga rutin yang aman (dirumah saja).

Terakhir di era adaptasi kebiasaan yang baru, diharapkan tetap produktif dan terhindar dari penularan COVID-19. Maka di masa pandemi ini, PHBS dilakukan terus menerus agar menjadi pola kebiasaan dan akhirnya membudaya baik dikeluarga sampai kemasyarakat luas. (LLHPB Sulteng)

Leave a Reply