Menciptakan Peluang Usaha di Tengah Keterbatasan

Berita 22 Sep 2021 0 56x

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Peluang usaha menjadi suatu hal yang harus diperhitungkan sebelum memulai suatu bisnis, baik bisnis dengan modal besar maupun kecil. Kemampuan melihat berbagai peluang dapat menjadi langkah awal dalam membangun sebuah usaha. Hal tersebut disampaikan oleh Yamin selaku owner dari Grand Auto Care dalam acara JSM Morning Talk di akun YouTube @JSM Jogja Istimewa.

Acara yang bertema “Menang-is From No One to Someone” ini membicarakan mengenai peluang usaha yang dapat dimanfaatkan setiap orang apabila mempunyai kemauan dan kegigihan untuk meraih kesuksesan.

Yamin memaparkan, mulanya ia tidak berani mengambil risiko untuk keluar dari pekerjaan tetapnya, sampai akhirnya ia mendapat dorongan kuat dari keluarga untuk berani mengambil langkah dalam memulai usaha yang selama ini sudah ia pikirkan namun masih ragu untuk memulai.

“Dua tahun yang lalu saya resign. Saya awalnya takut, namun karena ada dorongan dari anak dan istri, akhirnya saya berani untuk mengambil keputusan tersebut,” ujar Yamin, Rabu (22/9).

Baca Juga: Hukum Transaksi Bisnis Online

Yamin menjelaskan, usaha dapat maju apabila konsumen puas dengan kinerja yang diberikan dan secara tidak langsung menjadi wadah promosi bagi usahanya. Kepuasan konsumen, katanya, menjadi prioritas utama dalam sebuah bisnis. Yamin memberikan contoh dengan usahanya sendiri. Saat usahanya baru dirintis, ia hanya mendapatkan sekitar 2-3 pelanggan per-hari, namun karena pelayanan yang diberikan memuaskan, sekarang terdapat sekitar 20-30 pelanggan setiap harinya.

Menurutnya, hal ini menjelaskan bahwa kualitas dari sebuah produk, baik barang atau jasa, cukup berpengaruh dalam meningkatkan penjualan atas barang atau jasa tersebut. Dari contoh tersebut, Yamin juga menyampaikan bahwa usaha yang sedang dirintis tidak dapat terlepas dari kegigihan dan ketekunannya selama ini.

Lebih lanjut, Yamin menyampaikan bahwa memulai usaha tidaklah mudah, namun apabila mempunyai kesungguhan dalam mencapai tujuan dari usaha tersebut, maka semuanya akan berjalan sesuai dengan keinginan. Yamin juga menegaskan bahwa di setiap rezeki dari usaha tersebut terdapat hak-hak bagi mereka yang membutuhkan, sehingga rezeki yang didapatkan akan menjadi berkah bagi semuanya. (cheny)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *