Berita

Meneladani Sikap Berbagi dari Kiai Ahmad Dahlan

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan Muhamadiyah semakin dahsyat. Salah satu indikatornya adalah Amal Usaha Muhammadiyah (AUM). AUM bukan sekadar proses musyawarah, membuat program, atau menjalankan program, tetapi merupakan program yang dijalankan dalam waktu yang lama dan kemudian melembaga dalam amal usaha.

Penjelasan tersebut disampaikan oleh Mahli Zainuddin Tago selaku Ketua Badan Pengurus Lazizmu dalam PTV Show dengan tema “Muhammadiyah dan Semangat Berbagi” yang digelar pada Kamis (5/4). Zainuddin menyampaikan bahwa AUM di Indonesia saat ini jumlahnya mencapai 33.958.

“Perkembangan Muhammadiyah yang semakin  dahsyat dan membuat Muhammadiyah hingga kokoh saat ini tentunya tidak lepas dari nilai-nilai yang telah diajarkan oleh Kiai Ahmad Dahlan. Kiai Ahmad Dahlan mempelajari al-Quran dengan tujuan utamanya yaitu untuk mengamalkan al-Quran,” tutur Mahli.

Lebih lanjut, Mahli menjelaskan salah satu ayat al-Quran yang diajarkan Kiai Dahlan kepada muridnya selama berbulan-berbulan yaitu surat al-Maun. Kiai Dahlan mengajak murid-muridnya untuk mengaplikasikan makna surat al-Maun dengan kepedulian kepada anak yatim, memberi makan kepada orang miskin, tidak lalai dalam salat, suka memberi, dan tidak riya.

Baca Juga: PCA, RS PKU Muhammadiyah, dan Lazismu Mayong Kolaborasi Bagikan Sembako

Mahli mengatakan, Kiai Dahlan suka mengamalkan surat-surat yang berdampak sosial. Salah satu pengaplikasian dari surat al-Maun adalah berdirinya panti asuhan yatim. Selain surah al-Maun, ayat lainnya yaitu surah AtaTaubah ayat 34-35.

“Surah al-Maun sekadar memberi labelling. Orang-orang yang tidak mengamalkan dianggap sebagai pendusta agama. Sedangkan surat at-Taubah ayat 34 dan ayat 35 menunjukan ancaman yang sangat pedih bagi orang-orang yang gemar menumpukan harta,” ujar Mahli.

Menurut Mahli, keistimewaan orang-orang yang berbagi akan diberi imbalan dan akan dimudahkan ke jalan yang mudah dalam hal apapun. Kiai Dahlan, lanjutnya, adalah orang yang suka berbagi ilmu, menebar kebaikan, dan tidak merasa paling benar. Salah satu semangat berbagi yang diajarkan oleh Kiai Dahlan kini bisa dilihat di Lazizmu. (ditha)

Related posts
Berita

Lazismu Aceh Tenggara Bagikan Sarapan untuk Warga Korban Kebakaran

Aceh Tenggara, Suara ‘Aisyiyah –  Sebanyak sembilan rumah warga hangus dilalap si jago merah di Desa Lawe Beringin Gayo, Kecamatan Simpang Semadam,…
Berita

KL Lazismu Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar Gandeng SPSC Gelar Khitanan Massal Gratis

Padang, Suara ‘Aisyiyah – Sejak pagi, suasana ramai sudah terasa di lantai I Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar, Padang. Di sana, puluhan anak…
Berita

Indahnya Berbagi, Lazismu PCM Jatinegara Berikan Sembako dan Santunan untuk Anak Yatim

Tegal, Suara ‘Aisyiyah – Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Jatinegara bersama Kantor Layanan (KL ) Lazismu PCM Jatinegara mengadakan kegiatan Indahnya Berbagi pada…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.