Gaya HidupKesehatan

Mengenal Gejala Penyakit Anemia

Anemia
Anemia

Anemia

Anemia merupakan salah satu jenis penyakit yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Mengutip hellosehat.com, anemia adalah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya produksi sel darah merah. Sel darah merah penting untuk mengangkut oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jika tubuh kekurangan sel darah merah, seseorang akan rentan mengalami berbagai gejala anemia. Akibatnya, seseorang mungkin akan merasa lelah atau lemah. Selain itu, gejala lain yang mungkin muncul adalah sesak napas, pusing, atau sakit kepala. Namun, bagi orang yang memiliki anemia ringan mungkin sama sekali tidak merasakan adanya gejala. Sementara orang yang memiliki anemia berat bisa saja sering merasakan gejala yang membuatnya tidak berdaya.

Baca Juga: Aneka Makanan Sehat bagi Penderita Sakit Maag

Anemia merupakan masalah kesehatan yang terjadi di seluruh dunia, terutama di negara berkembang. Kasus penyakit anemia pada remaja perempuan masih sangat tinggi sampai saat ini. Anemia yang terjadi pada remaja bisa menyebabkan keterlambatan pertumbuhan fisik, yang kemudian berpengaruh pada gangguan fisik dan emosinya. Hal tersebut dapat berpengaruh pada tumbuh kembang sel otak, yang kemudian menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh, terganggunya konsentrasi, lapar, dan mudah lelah.

Terdapat beberapa gejala dan ciri-ciri anemia yang umumnya dirasakan oleh masyarakat, di antaranya adalah kelelahan, jantung berdebar, kulit berwarna pucat, pusing atau sakit kepala, sesak napas, kulit dan rambut kering, tangan dan kaki terasa dingin, dan sembelit.

Anemia bisa menimpa siapa saja. Gejala anemia yang muncul pada setiap orang pun berbeda-beda, tergantung dari ringan atau parahnya penyakit anemia yang diderita. (Fathia*)

*Mahasiswa magang di Suara ‘Aisyiyah

 

Sumber:

Sari dkk. (2020). “Pengaruh Konsumsi Telur terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin pada Remaja Putri yang Mengalami Anemia”. Jurnal Wacana Kesehatan. Volume 5.

https://www.halodoc.com/kesehatan/anemia

https://hellosehat.com/kelainan-darah/anemia/gejala-anemia/

Related posts
Gaya HidupKesehatan

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Sebagai negara tropis, pohon kelapa dapat dengan mudah tumbuh di Indonesia, terutama di sekitar pesisir. Tanaman ini dapat dimanfaatkan hampir semua bagiannya…
Gaya HidupKesehatan

Manfaat Infused Water untuk Kesehatan

Air merupakan salah satu kompenen penting dalam tubuh. Hampir 60% isi dari tubuh manusia terdiri dari air. Manusia membutuhkan air untuk memenuhi…
Berita

Tips Menjaga Kesehatan Mental Pasca-Terpapar Covid-19

Yogyakarta, Suara ‘aisyiyah –  Jumat (17/9), akun Instagram @sehatq_id mengadakan siaran langsung dengan mengusung tema “Kesehatan Mental Pasca Covid” dengan menghadirkan Hertha…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.