Berita

Menghadapi Pemilu 2024, Pandangan dan Posisi Muhammadiyah Sudah Tegas

Muhammadiyah x Pemilu 2024

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir menegaskan bahwa Muhammadiyah memasukkan pemilu 2024 ke dalam isu-isu strategis Muktamar ke-48. Pernyataan itu ia sampaikan di acara Media Gathering, Senin (7/11) di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta.

Muhammadiyah, kata Haedar, memandang bahwa pemilu 2024 merupakan kontestasi yang krusial. Oleh karenanya, ia berharap pemilu nanti tidak mengulang atau memperparah pembelahan masyarakat sebagaimana yang terjadi dalam pemilu 2019.

Menurut Haedar, dalam pemilu nanti semestinya negara tidak ikut campur dalam kontestasi. “Ini penting agar kita tidak terlibat dalam subjektivikasi politik yang akhirnya ketika terjadi pembelahan menyebabkan negara tidak bisa menjadi kekuatan yang berwibawa,” terang dia.

Haedar menegaskan bahwa kewibawaan negara ini penting. Kewibawaan tersebut akan hilang jika negara ikut serta dalam kontestasi.

Baca Juga: Negara Pancasila sebagai Darul Ahdi Was Syahadah

Selain itu, menurutnya, kekuatan masyarakat seperti organisasi keagamaan, termasuk Muhammadiyah, mesti menjaga jarak dari kontestasi itu. Dalam konteks inilah Muhammadiyah konsisten berada pada posisinya, yakni menjaga jarak.

Atas nama Muhammadiyah, ia berharap nantinya akan lahir para wakil rakyat yang merepresentasikan sosok negarawan. “Saat ini menciptakan ruang publik untuk kontestasi 2024 itu adalah ajang para negarawan untuk mengedepankan kepentingan bangsa dan negara, di atas kepentingan diri, kelompok, kroni, dinasti, dan orientasi kekuasaan yang tak berkesudahan,” tegas Haedar. (ppm/sb)

Related posts
Berita

Sampaikan Selamat Harlah 1 Abad NU, Haedar Nashir: NU Pilar Strategis Islam Indonesia

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Atas nama PP Muhammadiyah, Haedar Nashir menyampaikan selamat Hari Lahir (Harlah) 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU). Muhammadiyah dan…
Berita

PP Muhammadiyah dan Metro TV Buka Peluang Kerja Sama Penguatan Karakter Generasi Muda Indonesia

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Rabu (25/1), PP Muhammadiyah menerima silaturahmi dari jajaran pimpinan Metro TV. Pertemuan berlangsung di Kantor PP Muhammadiyah Cik…
Berita

Muhammadiyah Kecam Aksi Pembakaran Al-Quran di Swedia

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – Tindakan Rasmus Paludan yang membakar al-Quran mendapat kecaman keras dari umat Muslim seluruh dunia. Di Indonesia, Sekretaris Umum…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *