Menghindari Stres dengan Berpikir Positif

Berita 20 Sep 2021 0 91x

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah  Jumat (17/9), akun Instagram @halodoc mengadakan siaran langsung dengan mengusung tema “Tidak Hanya Fisik, Mental Kita Juga Harus Sehat” dengan menghadirkan Defryansyah Amin (Psikolog Klinis Dewasa) sebagai narasumber.

Dalam kesempatan tersebut, Defryansyah menyampaikan bahwa setiap orang perlu memahami bahwa stres merupakan hal yang wajar dan setiap orang pasti mengalaminya. Seseorang juga perlu mencari tahu penyebab ia mengalami stres, dampak apa yang akan terjadi, apa saja tanda-tanda yang muncul, dan bagaimana cara mengatasinya.

Mengenai cata mengatasi stres, Defryansyah menyebut ada tiga cara yanbg dapat dilakukan, yaitu: pertama, pendekatan dari segi action. Kedua, memilah informasi yang baik untuk psikis, apalagi selama pandemi banyak di antara kita yang mencari informasi di media sosial yang bisa jadi malah menjadi pemicu stres. Ketiga, manajemen waktu yang baik.

Baca Juga: Kenali Stres dan Cara Mengatasinya

Defryansyah menambahakan, yang dapat mengalami stres tidak hanya orang dewasa saja, tetapi anak juga bisa mengalami stres, apalagi di masa pandemi seperti ini. Seorang anak, katanya, harus bersekolah dan beraktivitas lainnya di rumah. Anak jadi jarang bertemu dengan temannya untuk bermain.

Meski begitu, ia menjelaskan bahwa pemicu stres antara orang dewasa dengan anak itu berbeda dan perlu dicari tahu apa penyebabnya. Biasanya, anak yang sedang mengalami stres tidak tau apa penyebab dan bagaimana cara menyelesaikannya.

Defryansyah menjelaskan bahwa stres dapat diminimalisir dengan meminimalisir pola pikir yang negatif dan menggantinya dengan pola pikir positif. “Sebenarnya cara membuat kita jadi positif itu butuh proses yang cukup panjang, nggak bisa dengan cara instan. Sebelum kita bisa mengubah pikiran negatif jadi positif, kita harus tahu dulu bagaimana cara bikin diri kita netral,” ujar Defryansyah. (fathia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *