Berita

Merencanakan Keuangan Keluarga Harus Dimulai Sejak Dini

Bandung, Suara ‘Aisyiyah Selasa (28/6), Gerakan Subuh Mengaji (GSM) yang rutin diselenggarakan Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa Barat mengangkat tema “Sakinah Finance: Solusi Mudah Mengatur Keuangan Keluarga Islami”. GSM kali ini menghadirkan Murniati Mukhlisin selaku Rektor Institut Agama Islam Tazkia Bogor.

Mengawali kajian, Murniati menjelaskan bahwa kajian ini penting karena setiap hari seseorang bersentuhan dengan persoalan keuangan. Merujuk Indek Literasi Keuangan, ia menyebut bahwa literasi keuangan ibu-ibu terhitung rendah dibandingkan laki-laki.

Salah satu implikasinya adalah banyak orang yang bingung mengelola keuangan, termasuk pasangan suami-istri. Ketidakmampuan mengatur keuangan dalam keluarga itu, ungkap dia, seringkali menimbulkan cek-cok bahkan konflik keluarga.

Baca Juga: Pemahaman Literasi Keuangan dalam Keluarga

Menurutnya, perencanaan keuangan keluarga harus dimulai sejak dini, mulai dari kelahiran, sekolah, kuliah, bekerja, pernikahan, dan seterusnya. “Perlu kita rencanakan. Karena orang yang merencanakan ini sangat mencerminkan bagaimana Rasulullah saw. adalah seorang perencana yang baik dan strategis,” ujar Murniati.

Agar lebih jelas, ia menjabarkan beberapa alasan kenapa keuangan keluarga harus direncanakan. Pertama, untuk menyambut hari esok. Kedua, untuk mempersiapkan kehidupan akhirat. Ketiga, untuk menyongsong cita-cita. Keempat, untuk mempersiapkan perjalanan. Kelima, untuk mencari ilmu. (sb)

Related posts
Berita

Padukan Islam dan Ilmu Psikologi, GSM usung tema "Islamic Mindfulness"

Bandung, Suara ‘Aisyiyah – Pagi hari tadi (16/2) Gerakan Subuh Mengaji (GSM) Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Barat (PWA Jabar) mengundang Lip Fariha,…
Berita

PWA Jabar Bantu Korban Gempa Sumedang

Sumedang, Suara ‘Aisyiyah – Gempa yang menimpa delapan Kecamatan di Kab Sumedang membuahkan rasa prihatin mendalam dari Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa…
Berita

Kuatkan Pemahaman Ideologi, PWA Jawa Barat Selenggarakan Rakerwil

Bandung, Suara ‘Aisyiyah – Dalam rangka penguatan ideologi kemuhammadiyahan supaya tercipta pimpinan ‘Aisyiyah yang berkompeten dan semangat menjalankan program-program yang lebih baik…

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *