Milad Ke-14, Lazismu Surabaya Bagikan Sembako ke Warga Kampung 1001 Malam

Berita 15 Sep 2021 0 49x

Surabaya, Suara ‘Aisyiyah – Sebagai wujud kepedulian terhadap sesama sekaligus dalam rangka memperingati Milad Lazismu Kota Surabaya ke-14, Lazismu Surabaya mengadakan program “Lazismu Aksi Peduli Duafa (LAPD)”. Program yang dilaksanakan bersama Lurah Dupak dan Rumah Pintar Matahari (RPM) –yang merupakan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) di bawah naungan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Krembangan Surabaya– ini menggelar bakti sosial (baksos) dengan membagikan 40 paket sembako ke kampung 1001 Malam, Selasa (14/9).

Lurah Dupak, Surabaya, Lutfan Adie Wibowo, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Kelurahan Dupak, Mustofa, Warsono beserta empat perwakilan Lazismu Kota Surabaya, dan Ketua PCM sekaligus pembina RPM, Sutikno, beserta tiga relawan RPM turut hadir meramaikan program ini.

Perwakilan Lazismu Surabaya, Warsono, mengatakan bahwa sebanyak 40 paket sembako yang terdiri dari 5 kilogram beras, 2 buah Rendang-Mu kemasan kaleng, 1 buah Rawon-Mu kemasan kaleng, dan 1 botol madu diberikan kepada warga kampung 1001 Malam untuk menambah imun di masa pandemi Covid-19 yang berkepanjangan saat ini.

Baca Juga: Dari Muhammadiyah untuk Semua

Sementara itu, Ketua PCM Krembangan yang juga sebagai pembina RPM, Sutikno, mengungkapkan, kegiatan baksos ini merupakan bentuk kepedulian terhadap warga terdampak pandemi. “Beberapa hari yang lalu, bersama ketua LPMK Kelurahan Dupak dan wakil RPM, berkunjung ke Kampung 1001 Malam dalam rangka silaturrahmi dan sekaligus membicarakan pelatihan keterampilan kepada pemuda usia produktif, baik itu pelatihan las listrik, sablon, potong rambut, dan keterampilan lainnya sebagai bentuk kemandirian wirausaha, yang menurut data ada sekitar 30 remaja usia produktif di sini,” ungkap Sutikno.

“Untuk anak-anak usia TK-SD, menurut data ada sekitar 90 anak, usia SMP-SMA sekitar 40 anak, yang mana akan kita bina melalui Rumah Pintar Matahari, baik mengaji, tata cara beribadah, membantu belajar calistung (baca, tulis, hitung, -red), dan bahkan barangkali beberapa anak juga akan kita bantu supaya bisa sekolah,” tambah Sutikno.

Hal senada juga disampaikan Lurah Dupak Surabaya, Lutfan Adie Wibowo, yang sangat mengapresiasi kegiatan baksos Lazismu Surabaya bersama Rumah Pintar Matahari ini.

“Dari pihak kelurahan menyampaikan terima kasih kepada Lazismu. Bantuan ini akan sedikit mengurangi beban warga yang memang ada beberapa yang masih belum tersentuh, terutama di Kampung 1001 Malam,” papar Lutfan.

Masih dengan Lutfan, ia menjelaskan bahwa warga Kampung 1001 Malam menurut data terdapat sekitar 175 kepala keluarga. Warga juga banyak yang sudah mempunyai KTP Surabaya, walaupun dengan domisili wilayah terdekat Kelurahan Dupak, Surabaya.

“Di masa pandemi Covid-19 yang berkepanjangan, tentunya banyak masyarakat yang terdampak, terutama di sektor perekonomian dan kesehatan. Mudah-mudahan pandemi segera berakhir dan masyarakat segera pulih menjalani aktivitas kehidupan secara normal kembali,” harap Lutfan. (Yuda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *