MPI Jawa Barat Gelar Diskusi Buku Biografi Haedar Nashir

Berita 25 Feb 2021 1 118x
Diskusi Buku Biografi Haedar Nashir

Diskusi Buku Biografi Haedar Nashir

Bandung, Suara ‘Aisyiyah – Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat (MPI PWM Jabar) menyelenggarakan diskusi buku biografi Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2015-2020 Haedar Nashir pada Rabu (24/2). Buku berjudul Haedar Nashir: Narasi Islam Berkemajuan merupakan karya Wakil Ketua MPI PWM Jabar Roni Tabroni.

Dalam sambutannya, Haedar Nashir mengapresiasi diselenggarakannya diskusi buku ini. “Diskusi buku merupakan bagian dari tradisi Islam Berkemajuan. Itulah yang dulu dilakukan Kiai Dahlan. Kalau ditarik lebih jauh, juga merupakan tradisi atau ajaran Islam, sebagaimana wahyu pertama yang turun adalah Iqra!” paparnya.

Media sosial, lanjut Haedar, pada titik tertentu bisa membuat kita menjadi tidak cerdas dan tidak maju. Sementara itu, kehadiran buku berikut kajian atas buku akan membuat kita belajar; berpikir secara keilmuan, dan pikiran kita dapat dipertanggungjawabkan sekaligus didialogkan. Atas dasar itulah, Haidar berpesan, “tradisi menulis harus diteruskan di Muhammadiyah”.

Terkait terbitnya buku yang ditulis Roni Tabroni ini Haedar mengaku tidak tahu menahu. Menurutnya, sejauh ini sudah ada beberapa wartawan yang minta izin untuk menuliskan biografinya, namun belum diizinkan. Meski begitu, Haedar tidak lantas merasa tersinggung ketika ada yang menulis tanpa seizin atau sepengetahuannya.

Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantini, sebagaimana dituturkan Haedar, juga turut menyampaikan apresiasinya. Menurut Noordjannah, Roni menulis buku tersebut dengan bagus dan telaten. Hal itu nampak dari sumber yang dirujuk.

Roni Tabroni menyampaikan bahwa buku biografi Haedar Nashir ditulis di tengah kondisi pandemi. “Buku ini adalah berkah dari pandemi,” jelasnya. Menurutnya, buku ini merupakan himpunan dari pikiran Haedar Nashir yang tersebar di berbagai media, baik cetak maupun ceramah, sejak Haedar terpilih menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah tahun 2015 sampai tahun 2020. (SB)

Simak diskusinya di: https://www.youtube.com/watch?v=mIhCF2ddmjU

One thought on “MPI Jawa Barat Gelar Diskusi Buku Biografi Haedar Nashir”

Tinggalkan Balasan