Muallaf Center Aisyiyah Jawa Tengah Dampingi Baca Tulis Al-Quran di Kampung Gandekan

Berita 20 Sep 2021 0 98x

Semarang, Suara ‘Aisyiyah – Baca Tulis Al-Quran (BTQ) gratis di daerah rawan akidah adalah salah satu dari sekian program khusus dari Muallaf Center ‘Aisyiyah (MCA) Jawa Tengah. MCA merupakan bagian dari divisi Pembinaan Muallaf dan Dakwah Khusus (PMDK) yang notabene merupakan kepanjangan tangan dari Majelis Tabligh PWA Jawa Tengah dalam bertabligh.

Program MCA meliputi program internal dan eksternal. Program internal adalah program pendampingan yang diperuntukkan khusus bagi para muallaf anggota MCA, sedangkan program eksternal adalah program khusus yang lebih ditujukan pada masyarakat umum (non–muallaf) yang masih belum mengenal Islam dengan baik dan benar, yang dikhawatirkan menjadi target pemurtadan. Selama ini, program internal maupun eksternal berjalan secara simultan (bersamaan), baik dengan cara  dakwah secara bil lisan maupun bil hal.

Kampung Gandekan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang merupakan lahan dakwah MCA yang baru, mengingat MCA baru menempati Rumah Muallaf (sebagai tempat berkegiatan) pada bulan April 2021. Setelah  berinteraksi dengan masyarakat setempat, ternyata masyarakat Kampung Gandekan memang membutuhkan sentuhan nilai moral, akidah, maupun akhlak Islami.

Baca Juga: Pengajian: Wadah Gerakan Ilmu ‘Aisyiyah

Akhirnya, mulai 12 September 2021, MCA melakukan pendampingan BTQ bagi masyarakat sekitar. Latar belakang keluarga peserta BTQ sangat heterogen, sehingga membutuhkan pendampingan yang khusus dan berkelanjutan, agar mereka bisa beribadah dengan benar, berakhlak yang mulia, dan mampu  membaca al-Quran.  Melalui program BTQ ini, MCA bertekad ingin “mengubah” masyarakat untuk “berhijrah” menjadi lebih baik dalam segala hal.

Program BTQ dari MCA disambut antusias oleh warga dan di-support serta di-sengkuyung oleh Ketua RT maupun RW. Bahkan pihak kelurahan juga sudah mendengar informasi kehadiran kami dan memberikan respons positif.

Karena masih dalam suasana PPKM, tamu yang diundang dalam launching BTQ pekan lalu tidak banyak. Pada kesempatan itu, yang hadir adalah sebagai berikut, yakni Ketua RT, beberapa peserta, perwakilan anak-anak dan ibu-ibu, beberapa pengurus MCA, Ketua PWA dan  bendahara.

Dalam acara tersebut, Ketua MCA Jateng Maria Anna menyampaikan kata pengantar dan laporan mengenai latar belakang keberadaan BTQ, serta visi-misi BTQ. Selanjutnya, Ketua PWA Jawa Tengah Ummul Baroroh menyampaikan sambutan dan meresmikan BTQ.

Dalam sambutannya, ia mengajak warga untuk giat menuntut ilmu, dalam hal ini belajar baca-tulis al-Quran. Kemudian, ia juga berpesan kepada pengurus maupun pengajar agar selalu beramar ma’ruf nahi munkar.

Sarana yang disediakan secara gratis oleh MCA, antara lain: buku Iqro’, buku tulis, pensil, rautan, penghapus pensil, face shield, masker, hand sanitizer, dan lain-lain.

Pembelajaran BTQ akan dilaksanakan pada setiap hari Senin – Jumat, dengan pembagian jadwal anak-anak di waktu sore dan ibu-ibu di waktu malam. Lokasi BTQ MCA Jawa Tengah berada di Kampung Gandekan, No. 8, Jagalan, Semarang Tengah. Bagi para dermawan yang akan berpartisipasi dalam gerakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar bisa menghubungi Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Tengah atau juga langsung ke lokasi tersebut. (Nur Ngazizah).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *