Muhadjir Effendy: Melalui Suara Aisyiyah, Perempuan Berkontribusi Mensyiarkan Pandangan Islam Berkemajuan

Berita 30 Okt 2021 1 80x

Suara Aisyiyah Majalah Perempuan Tertua yang Berkesinambungan TerbitYogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Dalam resepsi Puncak Milad 95 Tahun Suara Aisyiyah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Muhadjir Effendy mengatakan bahwa ada banyak majalah perempuan yang terbit berbarengan dengan Suara ‘Aisyiyah di masa pergerakan nasional. Meski begitu, hanya Suara ‘Aisyiyah yang dapat bertahan hingga saat ini. Oleh karena itu, sangat wajar jika Suara ‘Aisyiyah mendapatkan rekor dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) sebagai “Majalah Perempuan Tertua yang Berkesinambungan Terbit”.

Kemampuan Suara ‘Aisyiyah hingga usianya ke-95 tahun, menurut Muhadjir, tentu berkaitan erat dengan keberadaan ‘Aisyiyah sebagai organisasi perempuan berkemajuan yang telah memasuki abad kedua. Sebagaimana tema milad kali ini, yaitu “Meneguhkan Literasi Perempuan Berkemajuan”, Suara ‘Aisyiyah mempunyai peran strategis, yaitu peran literasi bagi masyarakat secara umum, khususnya bagi perempuan.

Baca Juga: Suara Aisyiyah Raih Rekor MURI Majalah Perempuan Tertua yang Berkesinambungan Terbit

Pada saat Suara ‘Aisyiyah terbit di tahun 1926, terang Muhadjir, perempuan masih banyak yang belum mendapat akses pendidikan atau bahan bacaan yang berguna, sehingga keberadaan Suara ‘Aisyiyah dapat memberikan pencerahan untuk memajukan kehidupan perempuan pada waktu itu.

Muhadjir menyampaikan, di tengah kemajuan teknologi informasi serta era digital, maka peran Suara ‘Aisyiyah menjadi penting untuk mensyiarkan pandangan Islam berkemajuan yang memuliakan perempuan, menghargai kemajemukan, dan menjadi narasi alternatif di tengah maraknya berita bohong atau hoaks, maupun ujaran-ujaran kebencian.

Melalui Suara ‘Aisyiyah, ia berharap di tengah banyaknya warga pengguna internet maupun media sosial di Indonesia, “perempuan bukan saja hanya menjadi konsumen, tetapi juga menjadi produsen yang membuat konten-konten yang mengedepankan perspektif Islam dan perempuan berkemajuan”. (silvi)

One thought on “Muhadjir Effendy: Melalui Suara Aisyiyah, Perempuan Berkontribusi Mensyiarkan Pandangan Islam Berkemajuan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *