Muhammadiyah-Aisyiyah Dukung Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun

Berita 15 Des 2021 2 92x

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Pemerintah Indonesia mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk anak umur 6-11 tahun. Menindaklanjuti hal tersebut, Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) mengadakan Press Conference, Rabu (15/12).

Ketua MCCC PP Muhammadiyah Agus Samsudin menyampaikan bahwa selama ini Muhammadiyah telah terlibat langsung dalam proses vaksinasi Covid-19. Sudah lebih dari 400 ribu orang Indonesia yang divaksinasi oleh Muhammadiyah melalui MCCC. Oleh karena itu, menurutnya, jika ada vaksinasi anak usia 6-11 tahun, MCCC tentu mendukung dan siap menjadi partner pemerintah dalam program vaksinasi tersebut.

“Sekali lagi, kita upayakan vaksinasi tetap berjalan, dan insyaAllah Indonesia terbebas dari Covid-19,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah Alpha Amirrachman berharap bahwa anak-anak di usia 6-11 tahun juga berada dalam keadaan sehat wal afiat dan bisa mengikuti pembelajaran sebagaimana mestinya. Ada 1 juta lebih siswa yang menempuh pendidikan di Muhammadiyah, dan 300 ribuan di antaranya adalah siswa Sekolah Dasar (SD).

Baca Juga: Epidemiolog: Vaksinasi dan Protokol Kesehatan Kunci Penanganan Pandemi Covid-19

Pada prinsipnya, kata dia, Majelis Dikdasmen mengedepankan 2 (dua) hal, yaitu (a) keselamatan jiwa para siswa dan guru, dan (b) agar hak anak-anak untuk belajar tidak terputus. “Karena itulah saya kira program vaksinasi ini perlu kita dukung, dan kami siap untuk memfasilitasi vaksinasi ini,” terang Alpha.

Eldawati selaku Sekretaris Majelis Dikdasmen PP Aisyiyah menambahkan bahwa dengan ribuan satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dikelola ‘Aisyiyah, PP ‘Aisyiyah melalui Majelis Dikdasmen menyatakan mendukung sepenuhnya MCCC untuk melakukan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun. Ia berharap, keinginan orang tua agar anak-anaknya bisa belajar dengan normal bisa segera terwujud.

Dalam Press Conference ini, Dokter Spesialis Anak di RS Islam Jakarta Pondok Kopi, Sri Lestari menyampaikan bahwa vaksinasi Covid-19 untuk anak berumur 6-11 tahun penting agar generasi penerus Indonesia menjadi generasi yang sehat, cerdas, dan tangguh. Vaksinasi ini, menurutnya, adalah dalam rangka mencegah anak terpapar penyakit yang bisa menyebabkan gangguan proses tumbuh kembang, pencacatan, dan bahkan kematian.

Ia menerangkan bahwa dalam vaksinasi kali ini, jenis vaksin yang digunakan adalah Sinovac. Menurutnya, beberapa penelitian ilmiah menyimpulkan bahwa vaksin Sinovac aman untuk anak usia 6-11 tahun. Adapun dosisnya adalah hampir sama dengan dewasa, dan diberikan 2 (dua) kali dengan jarak satu bulan. “Persiapannya adalah anak adalam keadanaa sehat dan sudah makan sebelum divaksinasi,” tutup Sri. (sb)

2 thoughts on “Muhammadiyah-Aisyiyah Dukung Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *