Berita

Muhammadiyah dan LDII Samakan Persepsi Format Ukhuwah Proaktif

Muhammadiyah_LDII

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah Rabu (11/1), PP Muhammadiyah menerima kunjungan dari Pengurus Pusat Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII). Pertemuan tersebut berlangsung di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir ditemani Busyro Muqoddas, Agung Danarto, Agus Taufiqurrahman, Dadang Kahmad, Muhammad Sayuti, dan Saad Ibrahim. Adapun rombongan LDII terdiri dari Ketua Umum LDII Chriswanto Santoso, Sekretaris Umum Dody Taufiq, Bendahara Umum Supartono, dan beberapa anggota lainnya.

Atas kunjungan itu, Haedar Nashir menyampaikan bahwa ukhuwah Islamiyah harus terus dibangun dan segala tindakan yang mengarah pada perpecahan harus ditangkal. “Maka di tingkat pusat kita perlu membangun format ukhuwah yang lebih proaktif,” kata dia.

Pertemuan tersebut juga membahas tentang kondisi Indonesia. Sebagai organisasi sosial-keagamaan, Muhammadiyah dan LDII diharapkan dapat menebar manfaat dan menanamkan sikap keberagamaan yang rahmatan lil ‘alamin dan moderat.

Baca Juga: Merekat Persatuan dengan Islam Wasathiyah

Ketua Umum LDII, Schriswanto menyambut baik apa yang disampaikan Haedar. LDII, kata dia, akan berupaya aktif mengangkat derajat kesejahteraan masyarakat. Pada waktu bersamaan juga akan berusaha meminimalisir terjadinya perpecahan.

“Kita ingin menyampaikan visi persepsi yang sama tentang Indonesia yang saat ini di bidang politik, ekonomi, pendidikan, umat Islam mayoritas mengalami keterpurukan. Maka kami di sini menyamakan persepsi terkait langkah, tansiqul harakah,” ujar dia. (ppm/sb)

Related posts
Berita

Abdul Mu’ti Ajak Warga Muhammadiyah Sikapi Pemilu 2024 dengan Arif dan Bijaksana

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – PP Muhammadiyah mengawali Pengajian Umum tahun 2024 dengan mengusung tema “Muhammadiyah dan Pemilu 2024”. Pengajian yang berlangsung secara…
Sosial Budaya

Adaptasi Teknologi Muhammadiyah: Catatan dari Gen Z

Oleh: Avra Abida El Ravi Lahir dan besar di keluarga Muhammadiyah tidak lantas membuat seseorang merasa dirinya adalah kader Muhammadiyah. Ini dialami…
Berita

Sambut Indonesia Emas 2045, MPKSDI PP Muhammadiyah Akan Siapkan Kader Terbaik

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Tantangan yang dihadapi Muhammadiyah dahulu, saat ini, dan masa depan tentu berbeda dan berubah. Pernyataan tersebut disampaikan oleh…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *