Berita

Muharrir Asyari Ajak IKAHI Aceh Cegah Penyakit Ujub dan Takabbur

Banda Aceh, Suara ‘Aisyiyah – Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) Daerah Aceh berkolaborasi dengan Pengurus Musala Pengadilan Tinggi Banda Aceh mengadakan Ceramah Ramadan di Gedung Balai Tgk Chik Ditiro, Pengadilan Tinggi Banda Aceh pada Jumat (31/03).

Penceramah adalah Muharrir Asy’ari, mantan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Aceh. Sekarang Muharrir menjabat sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Mahakarya (UMMAH) Bireuen.

Ceramah Ramadan ini dihadiri oleh Pimpinan Pengadilan Tinggi, Mahkamah Syariah Aceh, para Hakim Tinggi, dan seluruh hakim pada pengadilan tingkat pertama, baik di PN, MS, PTUN, dan Pengadilan Militer dari seluruh Aceh.

“Kami mengharapkan agar ceramah agama ini memberikan pencerahan terkait adab dan manfaat berpuasa dalam segala perspektif, termasuk bagi kesehatan manusia,” ujar Nursyam, Ketua Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) Daerah Aceh.

Baca Juga: Bulan Ramadan sebagai Syahrul Tarbiyah

Dalam ceramahnya, Muharrir menyatakan bahwa puasa pasti akan memberikan Nur positif dalam berbagai hal, termasuk dalam hal kesehatan fisik dan kesehatan jiwa (psikotropika). Puasa sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik misalnya untuk pembakaran lemak. Sebagaimana Hadis Nabi, “jagalah perutmu dan dorongan-dorongan nafsumu”. Hal Ini penting diingat karena hampir segala penyakit berasal dari perut.

Secara psikotropika, Muharrir menjelaskan, “Puasa juga sangat bermanfaat untuk mengobati perasaan berdosa. Selain itu, dengan berpuasa dapat mencegah penyakit ujub dan takabbur, sehingga akan mengobati segala penyakit baik sakit fisik maupun sakit psikis”. (Agusnaidi B/sa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *