Musypimda II ‘Aisyiyah Kota Yogyakarta: Upaya Merealisasikan Islam Berkemajuan

Berita 15 Feb 2020 0 100x

Kota Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah- Usai melaksanakan program periode 2015-2020,Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kota Yogyakarta menggelar Musyawarah Pimpinan Daerah (Musypimda) II ‘Aisyiyah Kota Yogyakarta. Bertajuk “Dinamisasi Gerakan Menebar Islam Berkemajuan” acara ini diselenggarakan di Aula Lantai 2 Gedung Dakwah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Yogyakarta pada Sabtu (15/2).

Musypimda II ‘Aisyiyah Kota Yogyakarta: Upaya Merealisasikan Islam Berkemajuan (Dok. Suara ‘Aisyiyah)

Sebelum Musypimda digelar, kami ungkap Sri Istifada selaku Ketua Panitia, mengawalinya dengan menyelenggarakan kegiatan ‘pra-Musypimda’. Yakni Sosialisasi IPAS (Ikatan Pengusaha ‘Aisyiyah) yang didalamnya berisi berbagai kegiatan seperti; fashion show, Batik Shibori dan ecoprint. “Saya lihat ibu-ibu ranting dan cabang sangat antusias dan termotivasi menciptakan model Batik Shibori dan ecoprint, luar biasa” jelasnya.

 Disamping itu, juga diadakan lomba olahan berbahan jagung, serta pelatihan keluarga sakinah. Ia menambahkan semoga Musypimda kali ini berjalan dengan lancar, sukses, dan sesuai dengan jadwal yang telah di buat bersama.

“Musyawarah pimpinan itu, paling tidak diadakan sekali dalam 5 tahun. Mengingat, untuk memutuskan hal-hal yang terkait dengan dinamisasi organisasi yang tidak mungkin diputuskan dalam musyawarah daerah, entah itu Muhammadiyah maupun ‘Aisyiyah,” ungkap Muzadi, PDM Kota Yogyakarta.

Ia juga menyampaikan selamat bermusyawarah, atas nama PDM Kota Yogyakarta, “Semoga lancar, dan dapat menelurkan hasil yang bermanfaat bagi pergerakan ‘Aisyiyah,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Himmatus Sudja’ah dalam Pidato Iftitahnya menerangkan bahwa ‘Aisyiyah dewasa ini dihadapkan berbagai persoalan, terutama dalam posisinya sebagai gerakan perempuan dan gerakan keagamaan.

Dalam menghadapi persoalan tersebut, ‘Aisyiyah diseluruh tingkatan, ungkap Sudja’ah,  memerlukan penguatan atau dinamisasi kepemimpinan yang iklas, istiqomah dan transparantif. Yakni dibutuhkan kepemimpinan yang dapat menggerakkan. Sehingga, kegiatan ‘Aisyiyah dalam menebar pandangan Islam Berkemajuan, mampu membangun peradaban utama dan menjadi rahmat bagi semesta.

Dibuka oleh Siti Zulaihah Ketua Pimpinan Wilayah DIY. Dalam pidatonya, ia menyampaikan 5 Karakter ‘Aisyiya. Pertama; ‘Aisyiyah gerakan Islam Berkemajuan, kedua; ‘Aisyiyah gerakan perempuan yang berkemajuan, ketiga; ‘Aisyiyah gerakan yang mengakar di tingkat basis atau ranting, keempat; ‘Aisyiyah gerakan amal sholeh, danyang kelima; ‘Aisyiyah gerakan kebangsaan.

“Walau sudah banyak yang kita lakukan, namun ke depan kita tentu dihadapkan lagi dengan berbagai persoalan, seperti persoalan kesehatan (reproduksi, stunting), persoalan ekonomi dan lain sebagainya. Maka, ini menjadi tugas kita bersama, dalam meneruskan kebaikan ini dari pada pendiri.” tukasnya. (Gustin Juna)

Leave a Reply