Musywil IV PW IGABA Jawa Tengah Selesai, Ini Hasilnya

Berita 26 Okt 2021 1 132x

Musywil IGABA Jawa TengahSemarang, Suara ‘Aisyiyah – Aisyiyah adalah gerakan Islam yang bertujuan membangun masyarakat Islam yang sebenar-benarnya, yaitu masyarakat adil, makmur, dan aman dalam kerelaan Allah. Masyarakat sejahtera mengantar warganya kepada kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Membangun masyarakat seharusnya diperjuangkan secara terus menerus, berkesinambungan dari generasi ke generasi berikutnya, maka sejak dini generasi penerus harus dipersiapkan.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ‘Aisyiyah adalah usaha ‘Aisyiyah untuk mempersiapkan generasi muda dengan pendidikan yang terprogram secara rapi dan jelas berlandaskan ajaran Islam, dilaksanakan oleh pendidik yang berkualitas, profesional, dan memiliki kompetensi, mentaati ajaran agama Islam, melaksanakan program ‘Aisyiyah, dan dapat menjadi teladan bagi anak didik, keluarga, dan masyarakat.

Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA) adalah wadah perikatan guru/pendidik dan tenaga kependidikan ‘Aisyiyah Bustanul Athfal untuk bersama-sama meningkatkan kualitas diri dalam mengemban amanah ‘Aisyiyah dalam mempersiapkan generasi muda bertakwa, berkarakter, Islami, cerdas, dan terampil. IGABA melaksanakan sebagian tugas pokok Majelis Pendidikan Dasae dan Menengah (Dikdasmen) sehingga dalam segala gerak kegiatannya harus sejalan dan di bawah pembinaan serta koordinasi Majelis Dikdasmen.

Musyawarah Wilayah IV Pimpinan Wilayah Ikatan Guru ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Jawa Tengah  dengan tema “Melalui Musyawarah Wilayah IV IGABA Jateng Kita Tingkatkan Kinerja dan Kualitas Berorganisasi yang Profesional”. Musywil IV ini dilaksanakan pada hari Ahad tanggal 24 Oktober 2021 di Semarang, tepatnya di gedung Pusdiklat BKK Semarang. Maksud dan tujuan Muswil IV ini adalah melaksanakan program pimpinan wilayah IGABA Provinsi Jawa Tengah, melaporkan hasil kerja PW IGABA periode 2013-2018 sampai dengan perpanjangan 2021, memilih pimpinan wilayah IGABA Jawa Tengah periode 2021-2025, dan menyusun rencana program kerja PW IGABA Provinsi Jawa Tengan periode 2021-2025.

Baca Juga: TK ABA: Lembaga Pendidikan Anak Tertua dan Pertama di Indonesia

Anik Alfiah selaku Ketua IGABA Jateng periode 2013-2018 sampai dengan perpanjangan 2021 menyampaikan bahwa IGABA sudah terkenal di luar dan sudah berkolaborasi dengan organisasi-organisasi yang lain, seperti IGTKI, Himpaudi, dan IGRA. IGABA juga sudah MoU dengan PP DIKMAS PAUD Jateng.

Ia juga menyampaikan bahwa kepengurusan PW IGABA pada periode ini mengalami perpanjangan yang seharusnya berakhir tahun 2018. Ada beberapa hal yang melatarbelakangi perpanjangan tersebut, yaitu: pertama, menyelesaikan program unggulan dengan PP DIKMAS PAUD Jateng berupa diklat dasar dan diklat lanjut bagi guru-guru TK ABA se-Jawa Tengah; kedua, adanya wabah pandemi Covid-19.

Anik juga menyampaikan bahwa PW IGABA Provinsi Jawa Tengah sudah berusaha semaksimal mungkin untuk melaksanakan program-program hasil Musywil III di Balai Diklat BKK Semarang secara maksimal.

Dalam kesempatan ini, ia juga menyampaikan laporan pertanggungjawabannya. Diharapkan, laporan pertangungjawaban ini bisa menggambarkan keseluruhan program-program yang sudah terlaksana dalam berbagai kegiatan, sehingga bisa memberikan kejelasan bagi para pemerhati, khususnya kepada seluruh Pimpinan Daerah IGABA Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Tengah dengan harapan akan mendapatkan masukan dan koreksi yang membangun dari semua pihak, sehingga di masa yang akan datang IGABA semakin eksis dan solid sebagai organisasi profesional yang selalu mencerahkan dan menjadi garda terdepan di ‘Aisyiyah dalam mendidik dan memajukan anak-anak Islam usia dini di Jawa Tengah.

Selain itu, Anik juga menyampaikan, walau banyak hambatan, kendala dan masalah dalam pelaksanaan program yang telah diputuskan dalam Musywil tahun 2013, tapi alhamdulillah atas pertolongan Allah swt. dan kerja sama serta koordinasi dengan PWA Jateng Majelis Dikdasmen yang selalu dilaksanakan dengan insentif, semua dapat diatasi dan mendapat jalan keluar sesuai harapan dan tujuan.

PW IGABA Jateng menyadari masih banyak kekurangan dalam menjalankan program-program serta pembinaan keorganisasian pada anggota Pimpinan Daerah IGABA. Anik berharap, semoga pada kepengurusan yang terpilih dapat melaksanakan program-program yang belum terlaksana. Ia juga berharap dalam Musywil ini akan terpilih seorang pemimpin yang berkopetensi, tidak terpilih karena pendekatan.

Dalam Musywil IV ini, dari 15 calon, terpilih menjadi Ketua Pimpinan Wilayah IGABA Jawa Tengah yaitu Aminatul Khusnah dari Kabupaten Kendal. Pada saat itu juga, kepengurusan IGABA Jawa Tengah periode 2021-2025 dikukuhkan oleh PWA Jawa Tengah Majelis Dikdasmen. (Nur Ngazizah)

One thought on “Musywil IV PW IGABA Jawa Tengah Selesai, Ini Hasilnya”

  1. 1.Anggota IGABA adalah pendidik dan tenaga kependidikan ABA, apakah tenaga kebersihan dan penjaga sekolah termasuk dalam IGABA?
    2. Dimanakah saya dapat mendapatkan Tuntunan IGABA ?
    terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *