Noordjannah: Keluarga Institusi Pertama dan Utama dalam Membentuk Kepribadian Anak

Berita 8 Sep 2021 0 38x

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Selasa (7/9), channel YouTube Sekolah Beremajuan Official mengadakan live streaming dengan tema “Pendidikan Karakter dan Keluarga”. Kegiatan ini menghadirkan Ketua Umum PP ‘Aisyiyah Siti Noordjanah Djohantini, Abdul Mu’ti selaku Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, dan Guru Besar ITB Indradjati Sidhi sebagai narasumber.

Noordjannah menyampaikan bahwa sebagai institusi pendidikan yang pertama dan utama, keluarga perlu menanamkan dasar-dasar pendidikan dengan nilai-nilai utama yang akan membentuk kepribadian dan karakternya.

“Pendidikan karakter di keluarga sangatlah fundamental karena anak sejak dalam kandungan hingga lahir dan tumbuh-kembang sebagai insan dewasa sesungguhnya lingkungan utamanya ialah keluarga,” ujar Noordjannah.

Baca Juga: Pendidikan Karakter Takwa dalam Keluarga Sakinah

Konsep keluarga dalam pembentukan karakter sendiri, menurutnya, harus menjadi sesuatu yang bisa dipahami bersama-sama dan kemudian tersosialisasikan dengan baik demi mewujudkan keluarga yang bisa menghadirkan menyamanan dan bisa saling menyemangati.

Dalam kesempatan yang sama, Abdul Mu’ti menambahkan bahwa jika dilihat secara historis, Indonesia sudah berulang kali melakukan perubahan tentang Undang-undang pendidikan. Menurutnya, perubahan merupakan sebuah keniscayaan. Perubahan itu bisa pula menjadi alat rekayasa atau political engineering untuk mencapai tujuan dalam dunia pendidikan.

Mu’ti menegaskan bahwa pendidikan karakter masih sangat dibutuhkan di dunia yang saat ini mengalami digitalisasi, diferensiasi, dan individualisasi. (fathia)

Tinggalkan Balasan