Olahraga yang Dapat Dilakukan di Rumah Saja

Gaya Hidup Info Sehat 9 Nov 2021 0 65x

olahraga

Kondisi pandemi membuat seluruh aktivitas hidup sehari-hari berubah total. Kegiatan di luar rumah sebisa mungkin dihindari. Kebijakan pemerintah juga menyarankan untuk seluruh kegiatan dilakukan secara Work From Home (WFH). Mau tidak mau, seluruh aktivitas harus dilakukan dari rumah, mulai dari urusan pekerjaan, beribadah, belajar, sampai olahraga.

Walaupun demikian, hal tersebut bukan menjadi alasan untuk tidak melakukan olahraga. Di sela kesibukan WFH, sebisa mungkin untuk menyempatkan olahraga walaupun dari rumah. Dilansir dari halodoc.com, olahraga ringan yang dilakukan sebanyak 3 (tiga) kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko kematian. Sebaliknya, orang yang tidak berolahraga atau terlalu sering berolahraga risiko kematiannya lebih tinggi.

Lantas, olahraga ringan jenis apa yang dapat dilakukan di tengah kondisi pandemi seperti saat ini? Merangkum dari halodoc.com, berikut olahraga ringan yang dapat dilakukan di rumah saja.

Olahraga Kardio

Dilansir dari hellosehat.com, olahraga kardio yaitu serangkaian aktivitas fisik yang dilakukan secara berkala dalam durasi waktu tertentu. Olahraga kardio bagus untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru.

Jenis olahraga ini terbukti efektif untuk membakar lemak dalam tubuh dan membuat tubuh berkeringat. Beberapa opsi olahraga kardio yang bisa dilakukan yakni treadmil, sepeda statis, atau alat bantu kardio lainnya.

Baca Juga: Waktu yang Tepat untuk Kegiatan Olahraga

Jika Anda tidak mempunyai alat tersebut, Anda bisa memanfaatkan apa yang ada di rumah, misalnya naik turun tangga. Tangga yang ada di rumah bisa digunakan untuk latihan olahraga kardio caranya dengan naik dan turun tangga 10-15 menit. Meski gerakannya sederhana, latihan ini dapat memperkuat otot dan tulang kaki.

Skipping (Lompat Tali)

Lompat tali dapat menjadi alternatif pilihan jika tidak mempunyai alat bantu kardio. Dikutip dari laman femina.co.id, latihan lompat tali selama 20 menit dapat membakar sampai 200 kalori dalam tubuh. Agar tidak bosan, lakukan variasi gerakan, seperti melompat dengan satu kaki secara bergantian kanan dan kiri, memutar tali 2 kali dalam satu lompatan, atau menyilangkan tangan.

Penting untuk diketahui, lompat tali tergolong ke dalam olahraga yang high risk. Oleh sebab itu, gunakan sepatu olahraga dan pakaian olahraga guna menghindari risiko cedera yang dapat terjadi. Putar tali dengan pergelangan tangan, bukan keseluruhan tangan. Tinggi lompatan sedikit saja sampai tali dapat melewati bawah kaki. Usahakan kaki mendarat dengan lembut.

Senam Aerobik

Senam aerobik dapat membantu memberikan dorongan energi ekstra sehingga tidak mudah lelah dan lebih produktif. Anda dapat mengikuti kelas online atau menonton tayangan video tutorial di YouTube. Selain menyehatkan fisik, senam aerobik juga dapat mengurangi gangguan stres yang rawan terjadi di kondisi pandemi seperti saat ini.

Push-Up

Olahraga ringan jenis ini termasuk gerakan yang paling umum dan dapat dilakukan di mana saja. Push-up dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh dan menguatkan tubuh bagian atas. Cara melakukannya yaitu berbaring di lantai dan letakkan kedua telapak tangan di sisi dada. Kemudian, tekuk siku membentuk sudut 90°. Dorong tubuh ke atas hingga lengan lurus. Lalu, perlahan-lahan turunkan kembali tubuhmu. Lakukan secara berulang 5-10 menit. (miqdad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *