Konsultasi Agama

Pak AR Menjawab: Hukum Jabat Tangan Laki-Laki dan Perempuan

Pertanyaan:

Pak AR Fahrudin yang saya hormati, mohon sudilah kiranya bapak memberikan dasar hukum, yang menyatakan bahwa jabat tangan antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram adalah haram.

(Susilawati)

Jawaban:

Saudari Susilawati, akan saya ambilkan suatu hadits yang tersebut dalam kitab Miftakhul Khithobah wal Wa’dhi karangan Muhammad Ahmad Al-Adawi, yang artinya kurang lebih begini: “janganlah seorang dari kamu menyepikan (menyendirikan) dengan wanita, kecuali wanita itu harus ada mahramnya”. Jadi berduaan saja antara seorang laki-laki dan perempuan yang bukan mahram adalah tidak dibenarkan.

Kemudian, hadits dari Ma’dil bin Yasar ra. dinyatakan: “andaikata ditusuk di kepala salah seorang kamu dengan semacam paku (tujah), itu lebih baik daripada seorang laki-laki meraba (menyentuh) kepada seorang wanita yang tidak halal baginya”.

Sumber: Rubrik Pak AR Menjawab di Majalah Suara ‘Aisyiyah Edisi Januari 1985

Related posts
Konsultasi Agama

Pak AR Menjawab: Hukum Membangun Cungkup Kuburan

Pertanyaan: Pak AR yang terhormat, apakah diperbolehkan andaikata kita merawat pusara bapa dan ibu dengan memberikan cungkup, memberikan nisa, diberi kemejan atau…
Konsultasi Agama

Pak AR Menjawab: Hukum Pacaran dalam Islam

Pertanyaan: Pak AR yang terhormat, melihat muda-mudi zaman sekarang ini banyak sekali yang berhubungan satu sama lainnya yang terkenal dengan istilah pacaran….
Konsultasi Agama

Pak AR Menjawab: Was-Was Terkena Najis Bulu Anjing

Pertanyaan: Pak AR yang terhormat, tetangga kami memelihara anjing. Bulu anjing yang rontok setiap harinya sering berterbangan sampai ke rumah kami. Apabila…

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.