Pandemi Covid-19 Itu Ujian, Jangan Putus Asa!

Berita 24 Agu 2021 0 73x
jangan putus asa

jangan putus asa (foto: pixabay)

Sukawening, Suara ‘Aisyiyah – Dalam menjalani  hidup dan kehidupan selama bertahun-tahun lamanya, masyarakat belum pernah mengalami tekanan dan ketakutan seperti ketika dihadapkan dengan Covid-19. Tidak sedikit masyarakat yang akhirnya tidak dapat merasakan kebahagiaan dan kesenangan, dan malah menjadi putus asa.

Dalam QS. az-Zumar [39]: 53-54 Allah swt. berfirman (yang artinya), “Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari Rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah  Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah diri kepada-Nya sebelum datang adzab kepadamu,  kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi)”.

Atas dasar perintah untuk tidak berputus asa itulah Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Sukawening, Kabupaten Garut merasa berkewajiban untuk memberikan solusi mengatasi permasalahan pandemi Covid 19-ini kepada warga ‘Aisyiyah khususnya dan seluruh masyarakat secara luas. Upaya ini juga sebagai langkah untuk mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan penanganan pandemi Covid-19.

Baca Juga: Koping Relijius: Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Adapun yang bisa dilaksanakan PCA Sukawening adalah (a) mengukur suhu tubuh dengan thermogun; (b) membagikan masker kepada anggota Muhammadiyah-‘Aisyiyah; (c) melakukan penyemprotan disinfektan, dan; (d) melaksanakan sosialisasi seputar Covid-19, misalnya memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tidak boleh merasa takut yang berlebihan dan berputus asa.

Sebagai umat Islam, sebagaimana disebutkan dalam QS. az-Zumar [39]: 53-54, kita tidak boleh berputus asa. Yakinlah kepada Allah bahwa apapun yang terjadi, kalau Allah sudah menghendaki, manusia tidak akan bisa apa-apa. Meski begitu, sebagai hamba yang beriman kita tentu harus berupaya mengatasi pandemi ini.

Teguhkanlah hati dan tetapkanlah iman yang kuat kepada Allah. Jangan berputus asa, karena Covid-19 ini merupakan ujian dari Allah kepada kita semua. Dan Allah akan memberikan pahala sebagai balasan untuk kekuatan kita dalam menjalani musibah ini.

Inilah salah satu bentuk kepedulian ‘Aisyiyah dalam rangka menyelamatkan warga Muhammadiyah-‘Aisyiyah dan masyarakat umum, terutama di kalangan kawula muda sebagai generasi penerus penegak agama Islam. Jangan mudah menyerah dan jangan mudah terpengaruh dengan berbagai situasi dan kondisi yang dapat melunturkan akidah Islam. (Eti Nurul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *