PAY Putri ‘Aisyiyah Kabupaten Magelang Selenggarakan Kegiatan Pembuatan Ecopaper

Berita 9 Jul 2021 0 48x
Pembuatan Ecopaper

Pembuatan Ecopaper

Magelang, Suara ‘Aisyiyah – Apa yang kita lakukan ketika di rumah ada kertas kalender bekas, kertas manila atau kertas zak semen yang sudah tidak terpakai? Dibuang atau dibakar? Jangan!! Kertas kalender bekas atau zak semen bekas bisa kita manfaatkan untuk membuat ecoprint atau disebut ecopaper. Teknik ecopaper sendiri diperkenalkan oleh AEPI (Asosiasi Ecoprinter Indonesia).

Dalam rangka mengisi kegiatan liburan kenaikan kelas, Panti Asuhan Yatim Putri ‘Aisyiyah Daerah Kabupaten Magelang mengadakan kegiatan membuat ecoprint dari kertas kalender bekas dan kertas buku gambar yang sudah tidak terpakai menjadi ecopaper yang cantik. Selain untuk mengisi waktu di sela-sela kegiatan liburan kenaikan kelas di panti, kegiatan ini juga bertujuan memanfaatkan kertas bekas sehingga tidak hanya menjadi sampah yang dibuang begitu saja atau hanya dibakar.

Pembuatan ecopaper ini diikuti oleh anak-anak panti asuhan yang berjumlah 65 anak. 65 anak itu dibagi menjadi 3 kelompok untuk menghindari kerumunan, mengingat saat ini masih diberlakukan PPKM Darurat. 20 anak yang masuk dalam kelompok pertama mengadakan kegiatan pada Rabu (7/7). Pembuatan ecopaper ini dibimbing oleh Ibu Taryati, selaku Pengurus Panti Asuhan Putri Aisyiyah Sie Pendidikan Umum dan Ketrampilan.

Baca Juga: Inovasi: Kunci Gerakan ‘Aisyiyah

“Saya berterima kasih sekali kepada AEPI, khususnya AEPI Jawa Tengah yang telah mengizinkan saya sharing ilmu kepada anak-anak Panti Asuhan Yatim Putri Daerah Kabupaten Magelang,” kata Taryati yang juga anggota AEPI Jawa Tengah.

Anak-anak Panti Asuhan merasa bangga dengan memperlihatkan hasil karya ecopaper mereka kepada teman-teman dan pengurus. “Saya senang bisa membuat ecopaper. Saya tidak menyangka kalau bisa jadi bagus. Mau saya laminating biar bisa dipakai untuk hiasan dinding,“ ujar Amel, salah satu anak Panti kelas enam SD yang baru pertama kali membuat ecopaper.

Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk anak-anak dan bisa menginspirasi kepada yang lain untuk lebih berkreasi. (Taryati/sb)

Tinggalkan Balasan