Berita

PBG Kudus Gelar Pelatihan Pengembangan APE

Kudus, Suara ‘AisyiyahBertempat di TK Nurush Shofa Karangbener, telah dilaksanakan pelatihan yang diselenggarakan oleh tim Ajari dan Pusat Belajar Guru (PBG) Kudus. Pelatihan tersebut sudah dimulai sejak Senin tanggal 21 Februari 2022 dan berakhir pada Kamis tanggal 24 Februari 2022. Peserta pelatihan ini adalah semua guru KB dan TK Nurush Shofa Karangbener.

Pada Kamis (24/2), materi yang disampaikan adalah tentang pengembangan Alat Peraga Edukatif (APE) dalam iklim pembelajaran berbasis bermain dalam budaya inkuiri. Materi tersebut disampaikan oleh Yayuk Zuliyana. Ia adalah seorang pengajar di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal XIV Kudus sekaligus guru inti di PBG Kudus.

Mengawali penyampaian materi, Yayuk menjelaskan mengenai tujuan APE, syarat APE, dan kegunaan APE dalam sebuah pembelajaran. Ia juga menyampaikan tentang hal-hal yang harus diperhatikan ketika mengembangkan sebuah APE.

Setelah menyampaikan materi, Yayuk memberikan tantangan kepada peserta untuk membuat APE dengan bahan-bahan yang sudah disediakan. Peserta juga diperkenankan berkreasi dengan bahan lain yang tersedia di sekolah; menyesuaikan kebutuhan yang diinginkan. Pembuatan APE ini dilaksanakan secara berkelompok sesuai dengan pembagian kelompok. Kelompok tersebut meliputi Kelompok Berdampak (guru KB), Kelompok Kreatif (guru TK A) dan kelompok Berkarya (Guru TK B). Masing-masing kelompok disediakan alat dan bahan yang sama dan diberikan durasi waktu yang sama, yakni 45 menit.

Baca Juga: Meningkatkan Kreatifitas dan Imajinasi Anak Melalui APE

Kelompok Berkarya berhasil membuat Kotak Pintar. Mereka mengangkat tema pencegahan Covid-19 yang diaplikasikan dalam APE. Bahan utama yang digunakan sederhana, yakni kardus bekas. Dengan adanya APE Kotak Pintar tersebut, anak-anak diharapkan semakin mudah memahami bagaimana pencegahan Covid-19.

Kelompok Berdampak membuat APE Plastik Ajaib. Bahan utama yang digunakan yakni plastik dan minyak. Kelompok Berdampak ingin mengenalkan binatang jangkrik disertai literasi dan numerasi melalui penggunaan APE ini dengan cara yang asyik dan menyenangkan.

Adapun Kelompok Kreatif mengusung tema Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) dengan membuat APE Buku Pintar. Peralatan yang digunakan sederhana, yakni kertas manila yang dibentuk menjadi sebuah buku seperti pop up. Diharapkan dengan APE tersebut, anak-anak memahami tentang PHBS dengan cara yang asyik dan menarik.

Setelah masing-masing kelompok mempresentasikan APE buatannya, Yayuk memberikan ulasan dan perbaikan agar APE yang sudah sibuat bisa lebih menarik, baik dari segi nama, fungsi, bahan yang digunakan, cara pembuatan, serta cara penggunaan yang benar. Yayuk yang pernah menjuarai lomba pembuatan APE tingkat provinsi ini juga membagikan pengalamannya dan memberikan tips agar dapat menciptakan APE yang tahan lama dan multiguna. (Ika Martasari/sb)

Related posts
Berita

Lazismu Berbah Bagikan 1000 Parcel kepada Guru TK ABA dan PAUD Aisyiyah

Sleman, Suara ‘Aisyiyah – Dalam rangka meneguhkan peran perempuan dalam dakwah untuk kemajuan bangsa, Lazismu Berbah bekerja sama dengan Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah…
Berita

PCA Sewon Utara Resmikan Gedung Baru TK ABA Pandean

Bantul, Suara ‘Aisyiyah – TK ‘Aisyiyah Busthanul Athfal (ABA) Pandean, Bangunharjo, Sewon, Bantul, meresmikan Gedung Baru. Peresmian dengan pengguntingan pita dilakukan oleh…
Berita

PDA Musi Rawas Lakukan Kunjungan Kerja ke PCA Muara Kelingi

Musi Rawas, Suara ‘Aisyiyah – Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Musi Rawas melakukan kunjungan ke salah satu TK Aisyiyah di Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.