Berita

PCA Kotagede Peduli Sampah

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) sekaligus menggemakan Syiar Muktamar ke-48 ‘Aisyiyah, Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Kotagede pada Senin (21/2) mengadakan pelatihan “Eco Enzyme” di tempat aula PCA Kotagede. Pelatihan ini diikuti oleh 16 (enam belas) Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah (PRA) se-Kotagede yang masing-masing diwakili oleh 2 (dua) orang dari Majelis Kesehatan (MKes) dan Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan (MEK).

Pelatihan ini dilaksanakan dengan 2 (dua) tahap. Hal ini mengingat masih diberlakukannya PPKM Level 3. Pelatihan dibagi menjadi dua sesi, masing-masing sesi diikuti 8 (delapan) ranting.

Dalam sambutannya, PCA Kotagede yang diwakili oleh Ketua Mkes, Siti Muti’ah Turadliyah. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan dalam rangka meningkatkan kepedulian terhadap sampah dan kepedulian ‘Aisyiyah terhadap lingkungan.

“Maka kita gerakkan ecoenzyme dan diharapkan bisa membantu ekonomi keluarga. Tujuan pelatihan ini mengajak para ibu-ibu dan warga ‘Aisyiyah seluruh Kotagede agar menjaga, merawat alam, dengan mengurangi membuang sampah, terutama kulit buah dan sisa sayuran dan mengelola sampah menjadi manfaat multiguna,” terangnya.

Baca Juga: Membangun Ketangguhan Melalui Pemberdayaan

Sebagai narasumber dalam pelatihan ini adalah Ketua MEK Uminarni Endang Pratiwi, yang secara kebetulan sudah pernah mengikuti kursus pembuatan ecoenzyme dan telah menghasilkan/telah panen hasilnya. Untuk memudahkan proses pelatihan dan mempercepat, masing-masing utusan membawa kulit buah dan potongan sayuran 1 (satu) kilo gram yang sudah dicuci bersih.

Adapun untuk peralatan lainnya seperti tempat untuk merendam potongan kulit buah dan sayuran, dan bahan pembuatan ecoenzyme disediakan oleh panitia. Disampaikan oleh instruktur, membuat ecoenzyme akan mengurangi jumlah sampah, juga mengurangi pengeluaran bahkan bisa menambah pemasukan. Pembuatan ecoenzyme untuk mendapatkan hasil memang cukup lama karena membutuhkan waktu fermentasinya bisa sampai 3 (tiga) bulan.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan setiap ranting mengajak anggotanya termasuk masyarakat sekitar untuk mulai mengembangkan pembuatan ecoenzyme sehingga semakin banyak yang membuat ecoenzyme dan untuk tindak lanjutnya Majelis Kesehatan dan Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan siap mendampingi. (Umi Hidayati/sb)

Related posts
Berita

Luncurkan Bueka Fresh Mart, PCA Kotagede Wujudkan Mimpi Jadi Nyata

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Impian Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Kotagede untuk menjadikan Bina Usaha Ekonomi Keluarga ‘Aisyiyah (Bueka) berkembang dengan menyediakan berbagai…
Berita

BUEKA Mitra Sejahtera Kotagede Berbenah Diri

Kotagede, Suara ‘Aisyiyah – Bina Usaha Ekonomi Keluarga ‘Aisyiyah (BUEKA) “Mitra Sejahtera” milik Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Kotagede menjelang usianya ke-3 tahun…
Berita

Gema Syiar Muktamar ke-48 Aisyiyah, PCA Kotagede Adakan Pemeriksaan Gratis untuk Lansia

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Jumat (11/2), Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Kotagede mengadakan kegiatan pemeriksaan gratis untuk lansia. Kegiatan yang bertempat di aula…

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.