Berita

PCA Wanareja Selenggarakan Bakti Sosial KB MKJP dan Tes IVA Gratis

Cilacap, Suara ‘AisyiyahKamis (31/3), Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Wanareja menyelenggarakan Bakti Sosial KB MKJP dan Tes IVA Gratis. Masih tingginya laju pertumbuhan penduduk di Indonesia dan maraknya pernikahan dini menjadi pemicu beberapa masalah sosial di Indonesia. ‘Aisyiyah sebagai gerakan perempuan berkemajuan ikut berpartisipasi dalam menangani hal tersebut. Salah satu Program PP ‘Aisyiyah yang diteruskan ke daerah dan dilaksanakan cabang adalah Program Safari Keluarga Berencana (KB) yang pelaksanaanya di Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Cilacap serempak pada Maret 2022.

Dalam melaksanakan kegiatan KB kesehatan untuk masyarakat, dilakukan sinergi program pemerintah melalui BKKBN dan Puskesmas Wanareja II berkolaborasi dengan PCA Wanareja. Adapun prasarana diberikan oleh PKU Muhammadiyah Wanareja.

PKU Muhammadiyah Wanareja andil dalam kegiatan sebagai bentuk tanggung jawab PKU terhadap masyarakat. Salah satu misinya adalah menyehatkan masyarakat Wanareja dengan memberikan layanan 6 (enam) tenaga kesehatan yang diperbantukan dalam kegiatan. Juga ada bantuan 4 (empat) tenaga kesehatan dari Puskesmas Wanareja II sebagai bentuk support kepada ‘Aisyiyah dalam kegiatan ini.

Baca Juga: Dakwah Kesehatan dalam Kongres Bayi Aisyiyah

Kagiatan ini dihadiri oleh semua pengurus PCA Wanareja dan tamu undangan. Dalam sambutannya, ketua pelaksanaan kegiatan, Aminah yang juga berprofesi sebagai Bidang di Puskemas Wanareja II mengatakan bahwa kegiatan pelayanan Keluarga Berencana dengan Alat Kontrasepsi Jangka Panjang (KB MKJP) yaitu merupakan alat kontrasepsi yang digunakan untuk menunda kehamilan serta menghentikan kesuburan yang digunakan dengan jangka panjang. “Kagiatan rutin yang dilakukan di Cabang Wanareja untuk semua kalangan masyarakat perempuan usia produktif dengan gratis,” terangnya.

Di samping safari KB MKJP, dilakukan pula Tes IVA dan sadarnis, yaitu tes deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara. Diberikan pula edukasi kepada seluruh peserta dengan membagikan brosur dan sosialsisasi palitatif kepada penderita. Salah satu tujuan edukasi yang dilakukan oleh PCA Wanareja adalah dalam rangka membantu pemerintah dalam menekan tingginya kasus kanker serviks yang merupakan penyebab kematian perempuan nomor 2 (dua) di Indonesia. Hal ini disebabkan rendahnya kesadaran memerikaskan dini perempuan usia produktif, padahal kanker serviks bisa dicegah dan diobati bila terdeteksi lebih awal. Tes IVA adalah metode sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim yang merupakan skrining alternatif dari pam smear, praktis, mudah, dan terjangkau semua kalangan. (Asih Indriyati/sb)

Related posts
Berita

PCA, RS PKU Muhammadiyah, dan Lazismu Mayong Kolaborasi Bagikan Sembako

Jepara, Suara ‘Aisyiyah – Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Mayong menyelenggarakan Bakti Sosial pada Ahad (3/4). Kegiatan ini menjadi bernilai di tengah beratnya…
Berita

Peringati Milad, PDA Sumenep Gelar Bakti Sosial

Sumenep, Suara ‘Aisyiyah – Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kabupaten Sumenep menggelar kegiatan Bakti Sosial untuk memperingati Milad ke-108 tahun ‘Aisyiyah, Ahad (27/3)….
Berita

Muhammadiyah Aceh Tenggara Berbagi 138 Paket Sembako kepada Anak Yatim

Aceh Tenggara, Suara ‘Aisyiyah – Masih dalam rangka memperingati Milad ke-109 Muhammadiyah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Aceh Tenggara beserta ortom dan Lazismu…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.