PCM Asemrowo, Cabang “Penyempurna” di Kota Surabaya

Berita 27 Sep 2021 0 67x

Surabaya, Suara ‘Aisyiyah – Kiprah Persyarikatan Muhammadiyah untuk umat dan bangsa tidak perlu diragukan lagi. Ormas Islam yang didirikan oleh Kiai Ahmad Dahlan 109 tahun silam ini telah membuktikan dirinya sebagai kontributor terbesar dalam pembangunan bangsa, baik di bidang agama, pendidikan, maupun sosial.

Hingga memasuki usianya yang sudah seabad lebih ini, Muhammadiyah masih terus aktif bergerak memberikan pencerahan membangun peradaban; berkembang semakin luas dan kian membesar. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang terus bermunculan, baik di bidang pendidikan, sosial, ekonomi, dan keagamaan. Termasuk juga dengan lahirnya Cabang dan Ranting baru yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan di mancanegara.

Khusus di Kota Surabaya, tahun ini akan menggenapkan terbentuknya Cabang yang ke-32 di Kota Pahlawan, yaitu Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Asemrowo. Dengan berdirinya PCM Asemrowo ini, maka seluruh kecamatan yang ada di Surabaya telah berdiri Cabang Muhammadiyah.

Bertempat di Gedung Wardhana Training Center, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surabaya akan melantik tujuh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Asemrowo, Ahad (26/09/2021). Karena masih dalam situasi pandemi maka proses pelantikan ini dilaksanakan secara virtual.

Baca Juga: Amal Sosial di Cabang dan Ranting: Menggerakkan dan Memberdayakan

Para undangan mengikuti proses pelantikan melalui zoom meeting, sementara yang hadir di lokasi acara hanya pengurus PCM yang akan dilantik, beberapa perwakilan dari Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM), Ortom, dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya yang akan melantik.

Ketua PCM Asemrowo, Shodiqun, mengatakan pelantikan harusnya diselenggarakan awal bulan Juli 2021, namun karena pandemi Covid-19 dan pemberlakuan PPKM level 4, akhirnya diundur sampai dapat digelar pada hari ini. “Alhamdulillah, atas terselenggaranya acara pelantikan ini, karena sudah cukup lama masa pandemi, namun baru terealisasi secara resmi hari ini,” kata Shodiqun.

Shodiqun juga menyampaikan, di PCM Asemrowo terdapat 1 masjid, yaitu Masjid Al-Qolam. Untuk ranting di wilayahnya ada dua, yaitu Genting Kalianak dan Asemrowo. Ke depannya, pihak PCM akan membangun satu AUM lagi, yaitu Panti Asuhan Muhammadiyah dengan anggaran sekitar 600 juta rupiah. Sudah di DP 60 juta, nanti setelah pelantikan akan segera bekerja untuk mewujudkan Panti Asuhan Muhammadiyah di wilayah Asemrowo.

Adapun struktur pengurus PCM Asemrowo yaitu:

– Ketua             : Shodiqun, S.Pd, MM

– Sekretaris      : Fauzan, S.Pd.I, M.Pd

– Wakil Ketua Bidang Tabligh dan MPS           : Muhammad Ain, M.Pd.I

– Wakil Ketua Bidang Dikdasmen dan Ortom : Khoirul Hidayat, S.E

– Wakil Ketua Bidang MPK dan MPKU             : Abdurrahim

– Wakil Ketua Bidang Ekonomi dan Wakaf      : Drs. Moh Yusuf

– Bendahara    : Subakin

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris PDM kota Surabaya, Arif’an, mengucapkan selamat dan sukses kepada PCM Asemrowo sebagai PCM ke-32 di kota Surabaya. “Mudah-mudahan sebagai PCM terakhir di Kota Surabaya, langkah pergerakan semakin cepat dalam mendirikan AUM di wilayah ini, seperti yang disampaikan Ketua PCM Asemrowo yang akan mendirikan panti asuhan, sangat perlu kita semua untuk men-support berdirinya panti asuhan sebagai AUM PCM Asemrowo”, harap Arif’an. (Yuda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *