Berita

PCM Berbah Adakan Khitanan Massal

Yogyakarta, Suara ‘AisyiyahDalam rangka menyemarakkan Milad ke-60 SMP Muhammadiyah Berbah, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Berbah mengadakan Khitanan Massal pada Sabtu (2/7) bertempat di Kompleks SMP Muhammadiyah Berbah di Krikilan, Tegaltirto, Berbah, Sleman. Khitanan Massal ini diinisiasi PCM Berbah dan didukung penuh oleh segenap organisasi otonom Muhammadiyah di Berbah, di antaranya Lazismu, Kokam, ‘Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, dan Nasyiatul Aisyiyah.

Kegiatan Khitanan Massal ini diikuti oleh sejumlah 77 anak, dengan 43 anak berdomisili di Kapanewon Berbah dan sisanya dari wilayah sekitar Berbah, seperti Piyungan, Prambanan, Banguntapan, Depok, dan sekitarnya. Kebanyakan peserta khitanan massal ini adalah berasal dari keluarga tidak mampu, sehingga kegiatan ini dirasakan dapat meringankan beban ekonomi keluarga tidak mampu tersebut.

Baca Juga: Keputusan Tanwir Muhammadiyah-Aisyiyah Tahun 2022

Panitia bekerja sama dengan RS PKU Muhammadiyah Gamping dan Klinik PKU Muhammadiyah Berbah yang telah menyiapkan tim medis beranggotakan 5 orang dokter umum, 3 orang perawat, 3 orang petugas farmasi, dan 1 orang petugas administrasi. Tahapan yang harus dilalui oleh peserta khitanan massal adalah registrasi ulang, penyampaian edukasi oleh tim medis, skrining gangguan dan penyakit yang menjadi penyulit ketika dikhitan, serta kontrol apabila terjadi gangguan kesehatan pasca khitan.

Khitanan massal ini adalah sebuah kontribusi nyata keluarga besar PCM Berbah untuk meringankan beban warga kurang mampu, serta ikut serta membantu program pemerintah di bidang kesehatan agar supaya kualitas kesehatan warga masyarakat dapat terjaga dengan baik. (yunan/sb)

Related posts
Berita

KL Lazismu Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar Gandeng SPSC Gelar Khitanan Massal Gratis

Padang, Suara ‘Aisyiyah – Sejak pagi, suasana ramai sudah terasa di lantai I Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar, Padang. Di sana, puluhan anak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.